WWF Gelar Lokalatih Pemahaman Hukum Sektor Kehutanan

oleh -8 views

Sumbawa Besar, SR (08/09/2015)

Kabupaten Sumbawa terpilih sebagai lokasi kegiatan pengkajian pengembangan kayu dan non kayu hasil hutan dalam upaya perbaikan petani kecil guna meningkatkan mata pencaharian petani di Indonesia. Kegiatan ini hasil kerjasama WWF Indonesia Coral Triangle Program for Small Islands bersama CIFOR, ICRAF, UNRAM dan beberapa lembaga lainnya yang tergabung dalam KANOPPI Project, dengan Dinas Kehutanan Perkebunan Kabupaten Sumbawa dan KPHP Batulanteh. Kerjasama ini telah berjalan sejak 2012.

Salah satu rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan adalah penilaian dan review kerangka kebijakan dan peraturan yang berkaitan dengan aspek produksi, pemasaran dan pengolahan kayu dan hasil hutan bukan kayu di Kabupaten Sumbawa. Hasil kajian kebijakan tersebut merekomendasikan pentingnya wadah komunikasi berupa Kelompok Kerja (POKJA) Kebijakan Kayu dan HHBK yang terdiri dari unsur multipihak yakni pemerintah, swasta, perguruan tinggi, LSM dan kelompok masyarakat.

Loka Kehutanan 1Karenanya dilaksanakannya Lokalatih Peningkatan Kapasitas untuk Kesadaran dan Pemahaman Hukum tentang Kebijakan dan Regulasi di Sektor Kehutanan di Hotel Transit Sumbawa pada 8–9 September 2015. Tujuan Lokalatih ini selain meningkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang aspek kebijakan dan regulasi di sektor kehutanan bagi POKJA kebijakan kayu dan HHBK Kabupaten Sumbawa, juga mengidentifikasi peluang terbangunnya strategi integrasi pengelolaan kayu dan HHBK yang berbasis kebijakan dan regulasi di sektor kehutanan. Tak hanya itu, kegiatan ini juga mengidentifikasi dan mengembangkan strategi advokasi untuk pembagian kewenangan dengan propinsi terkait dengan penerapan UU 23 Tahun 2014 dalam rangka penyusunan Grand Strategi Integrasi Pengembangan Kayu dan HHBK Terpadu di Kabupaten Sumbawa.

Baca Juga  AirAsia Perth-Lombok Beroperasi, Wagub NTB Penumpang Pertama

Kegiatan ini diikuti sedikitnya 27 orang peserta di antaranya kepala SKPD, polisi, akademisi, pengusaha, dan kepala desa. Narasumber sekaligus fasilitator Lokalatih ini adalah Dr Widodo Dwi Putro dari Universitas Mataram, Kabag Hukum Setda Sumbawa, Ketut Sumardiata SH, Purnomo Sidi (fasilitator), dan Ahmad Fadlan (pencatat proses). (Jen/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.