Mahasiswa UTS Juara II Duta Bahasa NTB 2015

oleh -43 views

Mataram, SR (08/09/2015)

Mochammad Isro Alfajri–mahasiswa Bioteknologi Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) keluar sebagai juara 2 Pemilihan Duta Bahasa Tahun 2015 untuk kategori putra. Raihan ini menambah sederet prestasi membanggakan para elang muda tidak hanya di level regional dan nasional, namun juga internasional.

Pemilihan Duta Bahasa adalah agenda tahunan dari Kantor Bahasa Pusat yang digelar di 18 Provinsi yang ada di Indonesia, salah satunya Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Pada tahun 2015, pemilihan Duta Bahasa di Provinsi NTB diikuti 110 peserta dari berbagai universitas dan media di Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa yang dilaksanakan sejak 25 Agustus hingga 5 September 2015. Ajang ini dilaksanakan dalam tiga tahap yakni tahap administratif, Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI), dan presentasi essai. Pada tahap administratif, dari 110 peserta terpilih 100 orang, selanjutnya seluruh peserta yang lolos mengikuti Technical Meeting (TM) untuk tes tahap dua yaitu Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia.

Tahap UKBI ini adalah salah satu bentuk pengujian penguasaan dan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, dengan 105 soal terdiri dari 40 soal mendengar, 25 soal perbaikan kata, dan 40 soal wacana dengan waktu pengerjaan selama 90 menit. Sama halnya Tes TOEFL dalam pengujian dalam penguasaan Bahasa Inggris, perbedaannya dengan Tes UKBI adalah pengujian dalam penguasaan Bahasa Indonesia. Hasil Tes UKBI terdapat 9 tingkatan yakni istimewa, sangat unggul, unggul, madya, hingga semenjana. Melalui tahapan yang diselenggarakan di Kantor Bahasa Provinsi NTB, jumlah peserta semakin menyusut menjadi 40 orang finalis yang berhak mengikuti tahap selanjutnya (presentasi essay). Para finalis ini terdiri dari 20 orang putra dan 20 putri. Pada tahap terakhir untuk menentukan pemenang Duta Bahasa Provinsi NTB yang diselenggarakan pada 5 September lalu, 40 finalis ditantang mengenalkan diri dalam tiga bahasa yakni bahasa daerah, Bahasa Indonesia, dan bahasa asing kemudian dilanjutkan dengan presentasi essay dengan tema “Jika Aku Menjadi Duta Bahasa, Apa yang Aku Lakukan ?”. Presentasi dilakukan secara berpasangan dengan waktu selama 20 menit yang dinilai oleh tiga orang juri panel yaitu Dr Syarifuddin M.Hum (Pakar Kebahasaan), Fairuz Abadi SH (Pakar Komunikasi), dan Puji Ardani SH (Pengembangan Kepribadian).

Baca Juga  Gubernur Launching Rumah Bahasa NTB, Wadah Anak Muda Perdalam Bahasa Asing

Dari ketiga tahap tersebut diperoleh masing-masing tiga orang pemenang dari kategori putra dan putri. Juara pertama diraih Muhammad Zaini dan Mia Rusmayanti—keduanya dari UNRAM (Universitas Mataram). Juara kedua Mochammad Isro Alfajri dari Universitas Teknologi Sumbawa dan Dina Wahidah dari UNRAM. Dan Juara favorit diraih Ahmad Munjizum dari Queensland University dan Anugrah Ramdhani Eka Putri dari UNRAM. (Jen/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.