Pilkada KSB, MAPAN 1, NURMAS 2 dan F1 3

oleh -16 views

Taliwang, SR (27/8/2015)

Rapat pleno terbuka pengundian nomor urut pasangan calon peserta pemilihan bupati dan wakil bupati Sumbawa Barat Tahun 2015 yang di gelar KPU setempat di Hotel Grand Royal Taliwang pada Rabu (26/8), menempatkan pasangan MAPAN sebagai nomor urut 1, pasangan NURMAS 2 dan pasangan F1 nomor urut 3.
Simpatisan MAPAN terlihat sangat gembira dengan hasil penarikan undian yang dilakukan oleh Calon Bupati, Drs H Mala Rahman yang di dampingi Wakilnya, Iwan Panjidinata SE. Mendapat Nomor urut satu diyakini sebagai pertanda, bahwa pasangan ini adalah pemenang yang akan meraih suara terbanyak pada saat penghitungan suara.

Pasangan MAPAN
Pasangan MAPAN

Gegap gempita di ruang pertemuan hotel Grand Royal Taliwang kian terdengar setelah Drs H M Nur yasin dan Masra Jayadi SE menunjukkan angka 2 sebagai nomor urut paket NURMAS. Para simpatisan bersorak riang karena meyakini angka tersebut adalah anugrah sekaligus sinyal kemenangan bagi NURMAS. Dari pengalaman pilkada sebelumnya, nomor dua diketahui selalu mendapat tempat di hati masyarakat dan berhasil mengantar calon menuju EA1.

Pasangan NURMAS
Pasangan NURMAS

Gema takbir dan yel-yel kemangan kembali bergema dalam ruangan saat DR Ir W musyafirin, MM dan Fud Syaifuddin memperlihatkan angka 3 sebagai nomor urut F1. Para Simpatisan ikut berdiri seraya menunjukkan angka sama yang nampaknya sudah dipersiapkan untuk menyambut nomor urut 3. “Nomor 3 menandakan bahwa paket F1 adalah pemenang dan akan menjadi bupati ketiga di Bumi Pariri Lema Bariri,” kata salah satu simpatisan yang diikuti suara takbir simpatisan lain.

Baca Juga  Rumah Zakat Garap Pemuda, Bangun Mental Enterpreneur
Pasangan F1
Pasangan F1

Yel-yel kemenangan dan spanduk tidak hanya terdengar dan terlihat dalam ruangan Pleno berlangsung. Pintu masuk hotel yang dijaga ketat kepolisian nampak berjubel para simpatisan dari ketiga calon yang berdiri sambil bernyanyi dan mengelu-elukan calon masing-masing. Mereka terpaksa ikut merayakan hasil penarikan nomor calon dari luar, karena terbatasnya tempat dan undangan yang disebar oleh pihak penyelenggara.

Untuk diketahui, dalam pengambilan nomor urut calon, KPU Sumbawa Barat telah membagi dalam dua tahap. Tahap pertama diberikan kepada masing-masing calon Wakil Bupati untuk mengambil bola yang berisi nomor urut. Tahap ini, calon yang pertama mengambil adalah bakal calon yang terlebih dahulu mendaftarkan diri ke KPU. Adapun hasilnya nanti digunakan untuk menentukan urutan saat pengambilan kertas yang berisi nomor urut pasangan calon.

Masra Jayadi,SE sebagai calon wakil bupati dari paket NURMAS, mendapat kesempatan pertama untuk mengambil bola, dan hasilnya mendapat angka satu atau paket pertama untuk mengambil nomor undian penentuan dalam tahap berikutnya. Diikuti Iwan Panjidinata SE, calon Wakil Bupati dari paket MAPAN, dan Fud Syaifuddin ST calon Wakil Bupati dari paket F1. Kedua calon wakil tersebut masing masing mendapat nomor urut dua dan tiga.

Para calon wakil bupati KSB tarik nomor urut penarikan undian
Para calon wakil bupati KSB tarik nomor urut penarikan undian

Dalam tahap dua atau tahap penentuan nomor urut, KPU memberikan kesempatan kepada calon Bupati untuk mengambil nomor undian yang disiapkan dalam tiga buah tabung. Sesuai hasil tahap pertama,  Drs M Nur Yasin calon Bupati dari paket NURMAS kembali sebagai calon pertama mengambil undian. Hasilnya, ia mendapat nomor urut 2, dan paket MAPAN mendapat nomor urut 1, sedangkan paket F1 mendapat nomor urut 3.

Baca Juga  HUSNI MO Janji Tidak Ciptakan Tsunami Birokrasi

Dalam Pleno pengambilan dan penentuan nomor urut calon Bupati dan Wakil Bupati  ini, sedikitnya 131 anggota Mapolres Sumbawa Barat diterjunkan untuk melakukan pengamanan. Personil polisi yang berada di lokasi terlihat berjaga-jaga dan melakukan pemeriksaan berlapis kepada setiap tamu undangan yang datang ke acara tersebut. (ARDIANTO/KSB)

bankntb DPRD DPRD