Diduga Arus Pendek, Satu Rumah Panggung Hangus 

oleh -0 views

Taliwang, SR (27/8/2015)

Diduga karena arus pendek listrik, sebuah rumah panggung di RT 17 RW 07, Dusun Batu Ble, Kelurahan Menala, Taliwang, KSB, hangus terbakar dilalap di jago merah, kemarin pukul 14.30 WIB. Pemilik Rumah, Ikhsan (39) saat ditemui SAMAWAREA menuturkan, Ia bersama isteri dan kedua anaknya, sedang berada di sawah saat kebakaran terjadi. Meski sempat tiba di rumah, Ikhsan tidak berhasil menyelamatkan barang berharga miliknya karena api sudah merambat di bagian atas rumah. “Tidak ada yang bisa saya selamatkan, hanya baju di badan yang masih tersisa,” ujarnya lirih.
Ikhsan meyakini api yang menghanguskan rumahnya bukan berasal dari tungku perapian miliknya. Sejak pagi hari, ia dan isteri berada di sawah dan tidak pulang untuk aktifitas memasak. Dalam usahanya menyelamatkan barang berharga, ia melihat bahwa api tersebut berasal dari loteng (plafon) penyimpanan hasil panen (gabah). Dalam kebakaran yang sempat membuat warga panik, BPBD KSB tiba di lokasi dengan menerjunkan 3 unit mobil pemadam dan satu mobil tangki. Meski Api berhasil dipadamkan dalam beberapa menit, namun kondisi rumah sudah hangus terbakar.

Ikhsan, pemilik rumah yang terbakar
Ikhsan, pemilik rumah yang terbakar

Kepala Sekretariat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbawa Barat, Mukhlis DM, mengatakan, pihaknya mengerahkan 21 personel untuk memadamkan api. Berkat bantuan masyarakat, api tidak merambat ke rumah warga lainnya. Ia menduga kuat api berasal dari gangguan arus pendek listrik. “Kami berharap kejadian ini tidak terjadi di tempat lain, mengingat musim kemarau tahun ini sangat berpotensi terjadinya kebakaran,” katanya.

Baca Juga  Hermansyah Tewas Kecelakaan

Salah satu warga yang ikut dalam pemadaman api mengungkapkan rasa terimakasih atas kehadiran BPBD. Menurutnya, jika mobil pemadam kebakaran tidak segera turun tangan, hampir dipastikan api akan meluas ke rumah penduduk lainnya. “Syukur ada pemadam yang datang. Kalau tidak, rumah di sampingnya pasti ikut terbakar,” ucapnya. (ARDIANTO/KSB)

bankntb DPRD DPRD