720 Personil Amankan Pilkada Sumbawa

oleh -4 views

Sumbawa Besar, SR (26/08/2015)

Sebanyak 720 personil diterjunkan untuk mengamankan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa. Pasukan ini siap melaksanakan tugas mulai digelarnya pasukan Operasi Mantap Praja Gatarin 2015 yang dipimpin langsung Bupati Sumbawa, Drs H Jamaluddin Malik, Rabu (26/8). “Operasi ini akan dimulai hari ini,” kata Kapolres AKBP Karsiman SIK MM yang ditemui usai gelar pasukan di Kantor Bupati Sumbawa.

Disebutkannya, anggota yang diterjunkan terdiri dari 470 personil Polres Sumbawa, ditambah bantuan personil dari Polda NTB yakni 100 anggota Brimob dan 100 anggota Dalmas. Kekuatan anggota polisi ini diback-up 50 orang anggota TNI. Anggota ini disebar di sejumlah tempat, dan telah dipetakan mana daerah yang pengamanannya perlu dipertebal.  Selain itu pengamanan anggota terbagi. Untuk anggota Polres lebih diarahkan untuk pengamanan TPS, kemudian daerah rawan ditugaskan personel Brimob dan Dalmas. Sedangkan TNI akan melakukan pengamanan di sejumlah obyek vital.

Sejauh ini diakui Kapolres, situasi wilayah masih relatif aman. Belum terlihat adanya gesekan antar pendukung pasangan calon satu dengan lainnya. Para simpatisan masih memberikan dukungan secara normal. “Jika ada hal yang berpotensi terjadinya kerawanan keamanan, kami sudah siap mengantisipasinya. Untuk persiapannya kami sudah melakukan pelatihan dan memiliki aturan serta standar dalam melakukan pengamanan,” kata Kapolres.

Namun demikian Ia menghimbau masyarakat untuk memberikan dukungan bagi suksesnya pelaksanaan Pilkada dengan menjaga kondusifitas wilayah. Meski berbeda pilihan, masyarakat dapat saling menghargai karena siapapun yang terpilih nanti adalah pemimpin rakyat Sumbawa.

Baca Juga  Maling Kuras Isi Rumah PNS

Bupati Sumbawa, Drs H Jamaluddin Malik menyampaikan penghargaan dan terimakasih kepada aparat kepolisian dan TNI, pejabat sipil dan masyarakat atas kerjasama kepedulian dan tanggungjawabnya sehingga Kabupaten Sumbawa mendapat apresiasi, perhatian dan penghargaan secara khusus dari pemerintah RI. Sebab, Kabupaten Sumbawa menjadi salah satu daerah yang cukup kondusif secara nasional. Untuk itu diharapkan kondusifitas daerah bisa ditingkatkan dan tetap terpelihara. (Jen/SR)

bankntb DPRD DPRD