Enam Terduga Pelaku Pasar Malam Berdarah Ditangkap

oleh -5 views

Situasi Lunyuk Kondusif

Sumbawa Besar, SR (25/08/2015)

Situasi keamanan di Kecamatan Lunyuk, Kabupaten Sumbawa, sudah kondusif, pasca perkelahian berdarah di acara Pasar Malam, Senin (24/8) lalu. Kondisi ini tercipta setelah Kapolres Sumbawa AKBP Karsiman SIK MM memimpin dua pleton pasukan gabungan Brimob dan Sabhara, terjun langsung ke lapangan. Selain menetralisir situasi, enam terduga pelaku ditangkap dan dievakuasi ke Polres Sumbawa untuk menjalani proses penyidikan. Berkat kesigapan aparat dan kecakapan Kapolres, kasus perkelahian antar kelompok dari dua desa bertetangga yang menewaskan satu orang ini, tidak meluas. Malam itu juga kedua belah pihak mempercayakan sepenuhnya penanganan kasus tersebut kepada pihak kepolisian. “Alhamdulillah situasinya sudah kondusif,” ucap Kapolres AKBP Karsiman SIK MM saat dihubungi SAMAWAREA, Selasa (25/8).

Terduga kasus Lunyuk saat diperiksa polisi
Terduga kasus Lunyuk saat diperiksa polisi

Dijelaskannya, peristiwa ini berlatar belakang persoalan lama antar dua kelompok pemuda yang kemudian bertemu di lokasi Pasar Malam. Dua kelompok inipun terlibat perkelahian saling serang menggunakan senjata tajam. Satu orang meninggal dunia, satunya lagi menderita luka serius di bagian tangannya. Dampak dari peristiwa tersebut, ratusan warga datang mencari para pelaku yang menewaskan korban bernama Naen (20) warga Dusun Sukajaya, Desa Lunyuk Rea, Kecamatan Lunyuk. Massa inipun sempat mendatangi Mapolsek setempat karena mengira pelaku diamankan di sana. “Untuk mengantisipasi berkembangnya kasus ini, kami mengirim dua pleton anggota. Kebetulan saya langsung yang memimpin,” ujar Kapolres.

Baca Juga  Dokter Gigi Dianiaya Perampok Bercadar
Terduga lainnya saat diamankan di Polres Sumbawa
Terduga lainnya saat diamankan di Polres Sumbawa

Selain menangkap terduga pelaku, sambung Kapolres, pihaknya menemui para tokoh dari desa asal dua kelompok pemuda yang berseteru ini. Mereka termasuk keluarga besar korban, menyatakan menyerahkan sepenuhnya kepada polisi untuk menuntaskan kasus tersebut. “Kami kut berduka atas meninggalnya korban. Tadi pagi anggota kami ikut melayat dan mengantarkan jenazah korban ke pemakaman untuk dikuburkan,” ucap Kapolres seraya mengakui sejauh ini situasi Lunyuk sudah aman. Meski demikian dua pleton anggota yang diterjunkan masih berada di lokasi dan belum ditarik guna memastikan situasi tetap kondusif.

Seperti diberitakan, kegiatan Pasar Malam dalam menyambut HUT RI di Lapangan Kantor Camat Lunyuk, Senin (24/8) malam, yang berlangsung meriah berubah mencekam. Satu orang roboh bersimbah darah setelah diserang sekelompok orang, sekitar pukul 20.30 Wita. Akibat luka tusukan di beberapa bagian tubuhnya, pemuda yang diketahui bernama Naen (20) asal Dusun Sukajaya, Desa Lunyuk Rea ini tak bisa bertahan lama yang akhirnya menemui ajal saat dalam penanganan tim medis Puskesmas Lunyuk. Aparat kepolisian langsung bergerak untuk mengantisipasi adanya balas dendam dari keluarga korban, mengingat diduga kuat pelaku yang diperkirakan berjumlah 6 orang ini berasal dari desa berbeda di wilayah setempat.

Untuk diketahui, kegiatan Pasar Malam ini rutin dilaksanakan setiap tahun. Untuk Tahun 2015 ini, kegiatan Pasar Malam tersebut mulai dibuka 12 Agustus lalu dalam rangka menyambut HUT RI. Selama pelaksanaan dalam beberapa tahun sebelumnya, situasi berjalan aman. Namun baru kali ini, peristiwa mengenaskan terjadi. (Jen/SR)

CAPTION: Kapolres Sumbawa AKBP Karsiman SIK MM tengah memberikan pengarahan kepada masyarakat Lunyuk pasca tragedi berdarah di kegiatan Pasar Malam, Senin (24/8). 

bankntb DPRD DPRD