KPU KSB Resmi Tetapkan 3 Pasangan Calon, K2 Tidak Lolos

oleh -6 views

Taliwang, SR (24/08/2015)

KPU Sumbawa Barat resmi menetapkan 3 pasangan calon dari 4 pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati yang mendaftar untuk bertarung pada Pilkada Sumbawa Barat, 9 Dersember mendatang. Ketiga pasangan bakal calon yang ditetapkan sebagai calon ini, tertuang dalam surat keputusan KPU KSB nomor 22/KPU-K-017.433886/2015. Dalam surat itu, menetapkan pasangan Drs H Mala Rahman dan Iwan Panjidinata SE atau lebih dikenal dengan paket MAPAN. Pasangan ini diusung Partai Demokrat, Golkar dan Gerindra dengan jumlah 7 kursi di DPRD. Kemudian Dr W Musyafirin dan Fud Syaifuddin ST. Paket yang mengusung jargon “F1 Luar Biasa” ini diusung Partai Nasdem, PDIP, PKPI, PBB, PKB dan PKS (12 Kursi di DPRD). Sementara pasangan ketiga, Drs HM Nur Yasin dan Masra Jayadi SE. Pasangan yang dikenal dengan sebutan NURMAS, diusung Partai Hanura dan PAN sebanyak 5 kursi di DPRD. “Untuk nomor urut pasangan calon akan ditentukan pada tanggal 26 lusa, semua pasangan calon akan diundang, termasuk partai pengusung,” kata Ketua KPU KSB, Khairuddin SE  kepada sejumlah wartawan di ruang kerjanya.

KPU KSB Umumkan CalonHeru—sapaan akrabnya menambahkan, selain menetapkan pasangan calon, hasil pleno yang diikuti seluruh komisioner dan sekretriat KPU juga menetapkan bahwa pasangan Kusmayadi, ST, SKM, MM MARS dan Drs Khairuddin Karim MH dari jalur perseorangan tidak lolos pencalonan. Pasangan yang mengusung Koalisi Kerakyatan (K2) tersebut kekurangan 1.537 dukungan dari syarat minimal dukungan yang harus dipenuhi sebanyak 13.222. “Dukungan yang memenuhi syarat dari K2 hanya sebanyak 11.685, jadi mereka kami nyatakan tidak lolos karena dukungannya tidak mencapai batas nominal,” jelas Heru.

Baca Juga  Teatrikal “Janur Kuning” Awali Detik-detik Proklamasi di KSB

Keluarnya putusan calon tetap menandakan tahapan Pilkada di Bumi Pariri Lema Bariri akan memasuki masa kampanye. KPU Sumbawa Barat sejak jauh hari telah mengagendakan untuk bertemu semua calon guna mendeklarasikan kampanye damai. Kegiatan itu dijadwalkan terlaksana bersamaan dengan pengambilan nomor urut pasangan calon, 26 Agustus.

Mengenai masa kampanye calon bupati dan wakil bupati Sumbawa Barat akan dimulai sejak 27 Agustus dan berakhir 6 Desember 2015. Kampanye kali ini cukup berbeda dengan pilkada sebelumnya, karena masing-masing calon hanya diberikan kesempatan satu kali untuk melaksanakan kampanye rapat umum, 16 kali pertemuan terbatas dan sosialisasi tatap muka.  “Kalau dari segi aturan kampanye tetap sama, harus laporan ada ke polisi, Panwas dan KPU,” pungkasnya. (Jen/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.