Polres KSB Gelar Apel Latpraops Pilkada

oleh -3 views
Simulasi Pengamanan Pemilu Digelar Jajaran Polres Sumbawa, dalam rangka ciptakan pemilu aman dan damai

Taliwang, SR (22/08/2015)

Polres Sumbawa Barat menggelar apel latihan pra operasi (latpraops) pengamanan Pilkada, Jum’at (21/8) kemarin. Apel yang dihelat di halaman Mapolres ini melibatkan hampir seluruh kekuatan polres, meliputi unsur pasukan pengendali Massa (Dalmas), Brimob, satuan sabhara, Dokter Kepolisian (Dokpol) serta didukung sarana kendaraan taktis dan angkut pasukan. Termasuk dukungan sumber daya dari luar, baik pemadam, medis.

Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Teddy Suhendyawan Syarif SIK M.Si menegaskan, apel Latihan Pra Operasi dilaksanakan guna menindaklanjuti perintah Kapolri dan menjamin seluruh kesiapan Polri dalam melaksanakan keamanan jelang Pemilukada nanti. ‘’Kesiapan itu bisa kesiapan personel, sarana prasarana, logistik dan terakhir kesiapan psikologi dan mental,’’ ujarnya, dalam siaran pers yang diterima SAMAWAREA.

Simulasi KapoldaPolri kata dia, bertanggung jawab atas terciptanya rasa aman dan ketentraman masyarakat. Karenanya digelarlah apel seluruh fasilitas dan sumber daya yang dimiliki Polri khususnya di jajaran Polres Sumbawa Barat. Tujuannya untuk menjalankan tugas polri dan menegakkan hukum, terutama mengatasi gangguan keamanan yang timbul.

Kepolisian setempat, kata Teddy, juga telah menyiapkan buku saku sebagai pedoman pengamanan. Itu agar setiap anggota di lapangan mampu memahami tugas dan fungsinya sesuai kebijakan, kewenangan dan tugas pokok Polri sebagaimana diatur dalam Peraturan Kapolri (Perkab) No. 1 Tahun 2009 tentang penggunaan kekuatan kepolisian. ‘’Buku ini sengaja kita terbitkan, agar petugas polisi bisa mempedomani tugas dan kewenangannya di lapangan. Termasuk memastikan prosedur dan arahan pimpinan berjalan dengan baik ditingkat lapangan. Ini agar kami semua profesional,’’ tandasnya.

Baca Juga  Jokowi Kirim Pasukan Perdamaian Indonesia ke Kongo dan Lebanon

Teddy menegaskan sesuai arahan pimpinan, para perwira tinggi di semua satuan diperintahkan memberikan pengarahan konprehensif bagi anggota yang bertugas agar memastikan kekuatan digunakan sesuai peraturan dan undang undang yang berlaku. Baik secara tepat, cepat dan proporsional. ‘’70 persen arahan itu harus diterapkan di lapangan secara total.  Kita akan menggunakan kekuatan secara penuh, yakni satu pleton kompi brimob dan dua pleton Dalmas ditambah daya dukung sumber daya lainnya,’’ tegas Kapolres.

Kapolres menekankan kepada semua anggota untuk memperhatikan Latpraops ini dengan seksama. Ia berpesan lebih baik bermandikan keringat saat latihan dari pada bermandikan darah saat bertugas. Ia meminta, anggota polisi harus terdepan menggandeng komponen masyarakat dan seluruh steakholder lainnya agar tugas bisa berjalan dengan lancar. ‘’Saya instruksikan menempatkan petugas khusus yang cakap berkomunikasi dengan masyarakat, mampu merangkul semua tokoh serta bisa bersatu dengan masyarakat untuk mengawal pelaksanaan demokrasi di daerah ini dengan aman, damai dan lancar,’’ pesan kapolres. (ARDIANTO/KSB)

bankntb DPRD DPRD