Kabupaten Sumbawa Pioner Program Keluarga Berencana Nasional

oleh -9 views

Jakarta, SR (20/08/2015)

Komitment dan kesungguhan Pemerintah Kabupaten Sumbawa untuk menyukseskan program Keluarga Berencana membuahkan hasil yang menggembirakan. Kabupaten Sumbawa kembali  memperoleh penghargaan tingkat nasional. BKKBN dan lembaga-lembaga pendukung Program Keluarga Berencana memandang Kabupaten Sumbawa dapat dijadikan pioneer dari program pemerintah. Bupati Sumbawa bersama tiga kepala daerah lainnya yaitu Bupati Karanganyar, Bupati Pontianak, dan Bupati Karawang diundang untuk menjadi keynote speaker yang akan mempresentasikan beberapa inovasi program keluarga berencana di Bidakara Hotel, Jakarta, Rabu (19/8) kemarin. Sehari sebelumnya Bupati Sumbawa juga telah melakukan shooting video documenter  yang diprakarsai oleh Improving Contraceptive Method Mix in Indonesia (ICMM) guna dijadikan dokumen materi pengembangan program KB yang akan disebarkan ke seluruh Indonesia.

Kegiatan yang berlangsung pada 18-20 Agustus ini digelar BKKBN melalui program Advance Family Planning (AFP) yang didukung oleh Improving Contraceptive Method Mix in Indonesia (ICMM). Kerjasama ini melingkupi penyelenggaraan Partnership to Leverage The Successes of Family Planning “Bermitra Bersama Meneruskan Kesuksesan Keluarga Berencana”  mengundang 19 kabupaten/kota se-Indonesia untuk mengimprove program keluarga berencana yang inovatif dan integrative.

Dalam sesi talkshow yang dipandu presenter kondang nasional, Farhan, Bupati Sumbawa Drs H Jamaluddin Malik menjelaskan tentang inovasi program KB di Kabupaten Sumbawa baik melalui program integrative Pospa-BKB maupun pada tahun ini sedang diintensifkan adalah “Kampung KB”. Kebersamaan dan integrasi dari SKPD terkait menjadikan Program KB merupakan salah satu program yang strategis bagi upaya pengendalian pertumbuhan penduduk maupun mewujudkan kesejahteraan keluarga. Guna mendorong keberhasilan program KB di Kabupaten Sumbawa lanjut Bupati, telah diterbitkan Peraturan Bupati Sumbawa No. 11 Tahun 2015 tentang “Kewenangan Berskala Desa” mengatur khusus tentang KB pada pasal 13 huruf d dan pasal 18 huruf m.  Selain itu telah terbentuk Tim KB Desa yang dilaunching menjadi Program KB Berbasis Desa di kabupaten oleh Bupati Sumbawa 4 Juni 2015 lalu, di samping adanya dukungan anggaran yang proporsional. Sebagai pilot project “Kampung KB” adalah Desa Mapin Kebak Kecamatan Alas Barat, Desa Labuhan Sumbawa Kecamatan Labuhan Badas, Desa Ledang Kecamatan Lenangguar dan Desa Plampang Kecamatan Plampang.

Baca Juga  Gubernur Ajak Ponpes Kembangkan Ekonomi Keummatan
Bupati Sumbawa presentasi program KB di Bidakara Hotel Jakarta
Bupati Sumbawa presentasi program KB di Bidakara Hotel Jakarta

Pada kesempatan ini Bupati Sumbawa didampingi Asisten Pemerintahan DR H Muhammad Ikhsan selaku Ketua DWG Kabupaten Sumbawa, Kepala BKBPP Sumbawa, Kepala Dinas Kesehatan, Camat Alas Barat dan Kepala Desa Mapin Kebak. (Jen/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.