RSUD Sumbawa Segera Miliki IGD Termegah  

oleh -32 views

Sumbawa Besar, SR (19/08/2015)

Bangunan Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Sumbawa yang ada sekarang sudah tidak representative. Selain sempit juga fisik bangunan yang sudah tua. Namun kondisi tersebut akan segera berlalu karena saat ini tengah dibangun IGD berlantai 2. Bangunan megah tersebut tepat berada di belakang IGD (lama) atau menggunakan lahan rumah dinas dokter yang sudah diratakan dengan tanah.

Pantauan SAMAWAREA, pengerjaan proyek itu masih dalam tahap pengurukan tanah untuk pondasi bangunan. Proyek pembangunan kantor IGD dan manajemen RSUD ini dikerjakan PT Adhisthana dengan menelan anggaran APBD Sumbawa Tahun 2015 sebesar Rp 3.769.637.000 (3,77 Milyar) dengan masa pengerjaan 142 hari kalender. “Lantai I untuk pelayanan IGD, lantai duanya dijadikan kantor manajemen,” kata Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU) RSUD Sumbawa, H Ahmadi SE yang ditemui Rabu (19/8).

IGD RSUD Baru 1Di lantai I nanti ruang IGD dibagi menjadi tiga yakni ruangan hijau, kuning dan merah. Warna ini menandakan berat dan ringannya penyakit yang diderita pasien. Untuk hijau, melayani pasien yang kondisinya terbilang ringan, kuning untuk yang kondisi sedang, sementara merah masuk dalam kategori gawat.

Mengenai peralatan medis yang mendukung pelayanan di IGD, Haji Ahmadi mengaku sangat lengkap. Bahkan kecanggihan alatnya sama seperti kapasitas yang dimiliki rumah sakit tipe B. Demikian dengan sumber daya manusia yang mengoperasionalkan peralatan dimaksud juga sangat mumpuni dan dikoordinir langsung dokter spesialis emergency. “RSUD Sumbawa boleh tipe C, tapi alat kesehatan dan sumberdaya manusianya terkategori rumah sakit tipe B,” ucapnya.

Baca Juga  Telkomsel Idul Adha Peduli, Serahkan Hewan Korban

Pembangunan IGD ini diharapkan tuntas pada tahun ini sesuai dengan target dan kontrak yang ada, sehingga dapat secepatnya digunakan. Dengan adanya bangunan baru yang lebih representative tersebut, pelayanan di IGD akan lebih maksimal. (Jen/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.