Polisi Ajak Masyarakat Deteksi Provokasi

oleh -2 views

Taliwang, SR (18/08/2015)

Kepolisian Sumbawa Barat mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menggelar sayembara bersama untuk mendeteksi dan mencari pihak-pihak yang diduga akan melakukan kegiatan provokasi menjelang pelaksanaan Pilkada dan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-70.

Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Teddy Suhendyawan Syarif menyatakan kesiapannya untuk menggelar operasi, guna mendeteksi kegiatan tertentu yang menjurus kepada tindakan tindakan provokasi baik dalam bentuk famplet, spanduk dan selebaran menggunakan media sosial, online dan media cetak. “Saya sudah instruksi seluruh jajaran intelijen melaksanakan operasi khusus, melakukan pemetaan, pengawasan dan penindakan terhadap potensi atau setiap orang yang diduga melakukan upaya provokasi yang berpotensi memicu konflik yang berimplikasi terhadap terganggunya stabilitas daerah,” tegasnya melalui siaran pers yang diterima SAMAWAREA.

Kapolres mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memiliki kepekaan sosial, bersatu padu dan menolak segala bentuk hasutan, tuduhan tidak mendasar dan berbagai bentuk provokasi lainnya. Polri kata dia, secara khusus akan memberikan reward atau penghargaan bahkan hadiah, kepada setiap masyarakat yang berhasil secara bersama dengan Polri mendeteksi dan menggagalkan setiap upaya provokasi dimaksud.
Ia juga mengatakan telah menginstruksikan Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) yang berada di seluruh jajaran Polsek untuk melakukan pembinaan dan penyerapan berbagai informasi di tengah masyarakat dalam rangka menciptakan suasana aman dan tertib di masyarakat. “Saya himbau masyarakat untuk tidak percaya dengan berbagai rekayasa sosial negatif dengan menggunakan berbagai cara tadi. Dengan motifasi menciptakan gangguan keamanan dengan tujuan menguntungkan kelompoknya. Gerakan tersebut sudah mulai muncul di KSB, dan sejauh ini Polri berhasil mendeteksi. Kami tidak akan memberi ruang bagi setiap orang melakukan hal tersebut.  Ini penegakkan hukum,” tandasnya.

Baca Juga  Ratusan Persil Tanah Aset Pemda Belum Bersertifikasi

Kepolisian berharap masyarakat mampu menumbuhkan rasa cinta dan menciptakan kedamaian di Sumbawa Barat. Sebagai daerah baru, Sumbawa Barat butuh sentuhan pembangunan yang merata, pertumbuhan ekonomi yang baik serta jaminan stabilitas keamanan sebagai kunci pokok bagi daerah yang maju dan sejahtera. “Saya sangat membutuhkan dukungan dan kerjasama yang baik dari seluruh warga Sumbawa Barat dan seluruh bakal calon pemimpin Sumbawa Barat agar bersama-sama bahu membahu menciptakan rasa aman,” pintanya. Kepolisian mengingatkan semua pihak untuk belajar dari kasus konflik yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia yang memiliki dampak sangat buruk. Seperti, disharmonisasi sosial, rusaknya infrastruktur daerah dan melambatnya pertumbuhan ekonomi. Ini pasti akan berimplikasi terhadap keterpurukan dan kemiskinan yang berkepanjangan. (ARDIANTO/KSB)

bankntb DPRD DPRD