Kalapas Sumbawa: Berkelakuan Baik Syarat Mendapat Remisi

oleh -9 views

Sumbawa Besar, SR (17/08/2015)

Kalapas Sumbawa, Rahmat Mulyana, Bc.IP, SE, M.Si, mengatakan, warga binaan yang mendapat remisi dinilai dari kelakuan dan lamanya menjalankan hukuman. Remisi atau potongan tahanan yang diterima para Napi besarnya bervariasi, mulai dari satu hingga enam bulan. Tepatnya pada peringatan HUT RI-70 ini, ratusan warga binaannya mendapat remisi yakni remisi umum (RU) dan remisi dasawarsa (RD). Remisi umum diberikan kepada warga binaan setiap tanggal 17 Agustus. Sementara remisi dasawarsa diberikan kepada para warga binaan setiap 10 tahun sebagaimana diatur dalam Kepres No. 120 Tahun 1955. Untuk remisi umum  (RU) I yakni dikurangi sebagian masa hukuman dan RU II masa tahanan langsung habis (bebas).

Disebutkan pria yang akrab disapa Rahmat ini, jumlah warga binaan yang mendapatkan remisi umum mencapai 174 orang, terdiri dari remisi satu bulan 79 orang, remisi dua bulan 45 orang, remisi empat bulan 34 orang, remisi lima bulan 11 orang dan remisi enam bulan 5 orang. Sedangkan yang langsung bebas mencapai 5 orang. Kemudian remisi dasawarsa mencapai 198 orang, terdiri dari 185 potong sebagian dan 13 orang langsung bebas.

Bagaimana yang belum mendapatkan remisi ? Rahmat menjelaskan bahwa masa tahanan yang bersangkutan belum memenuhi syarat. Dan selama mereka menjalani masa tahanan di Lapas Sumbawa, warga binaan diberikan sejumlah keterampilan yang diharapkan nanti menjadi bekal ketika mereka kembali ke tengah-tengah masyarakat. (Jen/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Polisi Gagalkan Penyelundupan Semen

No More Posts Available.

No more pages to load.