Harganas, Momen Pembentukan Keluarga yang Berkarakter

oleh -16 views

Sumbawa Besar, SR (13/08/2015)

Peringatan Hari Keluarga Nasional XXII tingkat Provinsi NTB pada Tahun 2015 ini dipusatkan di Kabupaten Lombok Tengah. Dalam peringatan yang digelar di halaman Kantor Bupati setempat, Kamis (13/8), dihadiri Wakil Gubernur NTB HM Amin SH M.Si beserta Hj Syamsiah Amin, Ir Ambar Rahayu selaku Sekretaris Utama BKKBN pusat, Walikota, Bupati, Wakil Bupati se Provinsi NTB, Forkopimda Provinsi NTB, Ketua TP PKK NTB beserta Kader Ketahanan Keluarga, tokoh agama, dan tokoh pemuda. Kegiatan peringatan tersebut diawali dengan tari selamat datang “Jumpring” yang dibawakan oleh siswi SDN 22 Praya, beserta lagu bertema keluarga.

Harganas NTB 1Wakil Bupati Lombok Tengah, Drs HL Normal Suzana dalam sambutan tertulisnya menyampaikan ucapan selamat datang dan ucapan terima kasih kepada seluruh tamu dari berbagai penjuru NTB. “Peringatan HKN ini dapat dijadikan sebagai momentum untuk menguatkan semangat terhadap pembangunan keluarga, sebab maju atau mundurnya suatu bangsa tergantung dari bagaimana cara kita untuk membentuk keluarga, sehingga peran stakeholder sangat diperlukan untuk membentuk keluarga yang berkarakter,” katanya, seraya menyampaikan apresiasi kepada kader ketahanan keluarga atas semangat dan perannya untuk membentuk keluarga yang kuat dan sejahtera

Harganas NTB 2Sementara Sekretaris Utama BKKBN pusat, Ir Ambar Rahayu mengatakan, keluarga merupakan pilar utama dalam meningkatkan pembangunan nasional. Menurutnya, keluarga yang memiliki ketahanan yang kuat dapat meningkatkan ketahanan nasional. Untuk mewujudkannya dapat dilakukan dengan delapan cara yaitu, keagamaan, social budaya, cinta kasih, melindungi, reproduksi, sosialisasi, ekonomi, dan pembinaan. Jika delapan cara ini dijalankan dalam keluarga, akan melahirkan generasi yang berkualitas. Karenanya Ia mengingatkan bahwa untuk membentuk keluarga yang berkarakter diperlukan peran serta dan komitmen seluruh stakeholder. “Kami memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh pelaksana program yang tidak henti–hentinya mensosialisasikan arti keluarga,” ucapnya semabri mengajak seluruh pasangan usia subur untuk mengikuti program KB “Yang Muda Yang Berencana”

Baca Juga  Bukber Rektor UTS, Ketua PWI Kupas Makna Rukun Islam

Wakil Gubernur NTB HM Amin SH.,M.Si dalam kesempatan yang sama menyatakan bahwa peran aktif semua pihak harus bisa menjadi kontribusi nyata untuk mewujudkan keluarga sejahtera. Sebab, KB tidak akan mampu berjalan sendiri, melainkan membutuhkan dukungan dan kerja keras masyarakat dan pemerintah daerah. “Bila ketahanan ekonomi keluarga sudah baik, maka ketahanan bangsa akan baik dan sulit dimasuki oleh paham–paham radikal yang bertentangan dengan undang–undang, pancasila, dan konstitusi,” cetusnya. Wagub menekankan, bahwa vertilitas dan KB sudah bisa dikendalikan, hal tersebut harus terus ditekan demi meminimalkan jumlah pertumbuhan penduduk. Pantauan di lapangan, Wagub beserta tamu undangan melaksanakan peninjauan pameran dan pasar murah yang diselenggarakan oleh UPPKS.

Sumbawa Raih Berbagai Prestasi di Harganas

Harganas NTB 3Dalam acara peringatan HKN XXII Tahun 2015 Provinsi NTB yang mengusung tema “Melalui Hari Keluarga XXII, Kita Wujudkan Keluarga Berkarakter Menuju Masyarakat Nusa Tenggara Barat yang Beriman, Berbudaya, Berdaya Saing, dan Sejahtera”.

Wakil Gubernur NTB menyerahkan beberapa penghargaan lomba dimana Kabupaten Sumbawa kembali meraih juara dari beberapa kategori lomba di antaranya juara 1 Keluarga Harmonis, KB Lestari 15 Tahun, PPKBD, Kader BKB, PIK–R. Kemudian juara 2 Kelompok BKL, Kelompok BKR, KB 20 tahun, serta juara harapan 1 UPPKS.

Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Arasy Muhkan saat ditemui dilokasi acara menyampaikan penghargaan yang dicapai Kabupaten Sumbawa tahun ini dapat terus dijadikan motivasi agar terus dapat bersaing di tingkat nasional dan memperoleh hasil yang lebih baik lagi. (Jen/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.