Tiga Pasangan Cabup-Cawabup Sumbawa Sehat dan Bebas Narkoba

oleh -3 views

Sumbawa Besar, SR (12/08/2015)

Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Mataram, NTB, memastikan tiga pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa dalam kondisi sehat jasmani dan rohani, serta bebas narkoba. Ketiga pasangan ini adalah H Asaat Abdullah ST—Chandra Wijaya Rayes ST (Saat-Jaya), HM Husni Djibril B.Sc—Drs H Mahmud Abdullah (Husni—Mo), dan Jack Morsa S.Adm—H Irwan Rahadi ST (JIWA). Mereka telah mengikuti pemeriksaan kesehatan pada 28-29 Juli 2015 sesuai jadwal tahapan Pilkada Sumbawa yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU). “Enam bakal calon untuk tiga pasangan ini sudah memenuhi persyaratan, karena dinyatakan sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba oleh tim medis RSU Mataram. Hasil pemeriksaan kesehatan para bakal calon ini kami terima secara tertulis yang ditandatangani Direktur Utama (Dirut) RSU setempat,” kata Ketua Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU Sumbawa, Sudirman SIP yang ditemui SAMAWAREA di ruang kerjanya, Rabu (12/8).

Menurut Sudirman, RSU Kota Mataram sangat bertanggung jawab terhadap hasil pemeriksaan yang dilakukan secara professional sesuai dengan profesi mereka, didukung fasilitas yang lengkap dan memadai. “Alhamdulillah tidak ada yang bermasalah terkait dengan hal-hal yang tidak diperbolehkan aturan perundang-undangan. Kami sangat yakin apa yang telah dilakukan RSU Mataram, yang pastinya menjaga nama baik dan kredibilitas institusinya. Apapun faktanya dari pemeriksaan ini, itulah kesimpulannya,” ujar Sudirman.

Dengan hasil pemeriksaan tersebut, Ia berharap tidak ada lagi isu negative yang berkembang terkait kondisi kesehatan para bakal calon. Selanjutnya KPU sudah melakukan verifikasi terhadap berkas seluruh pasangan calon dan dinyatakan telah memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai pasangan calon pada 24 Agustus mendatang. Esoknya, 25—26 Agustus dilakukan penarikan nomor urut untuk kemudian dilakukan deklarasi “Pilkada Damai, Siap Menang-Siap Kalah” pada 27 Agustus.

Baca Juga  Tagih Hutang Dibayar Penganiayaan

Untuk diketahui tes kesehatan para bakal calon bupati dan wakil bupati Sumbawa ini meliputi pemeriksaan anammesa dan riwayat kesehatan, dan psikiatrik. Selain itu pemeriksaan jasmani yang terdiri dari pemeriksaan interna, jantung dan pembuluh darah, paru, bedah, urologi, ortopedi, penunjang dan laboratorium, obsetri ginekologi, syaraf, mata, gigi, telinga, hidung, tenggorokan, kulit dan kelamin. Berikutnya pemeriksaan penunjang di antaranya ultrasonografi abdomen, elektrokadiografi dan treatmil test, ekokardiografi dan dopler karotis, foto rontgent thoraks, spirometri, audiometri (bila diperluka), MRI/CT (bila diperlukan), USG transvaginal (bila diperlukan), mammografi/USG payudara (bila diperlukan), EEG (bila diperlukan).

Selanjutnya pemeriksaan laboratorium di antaranya pemeriksaan darah dan urine (hemotologi lengkap, urinanalisis lengkap, test faal hati, test faal ginjal, profil lipid, metabolisme karbohidrat, HIV/AIDS, HBs.Ag), tumor marker (atas indikasi), narkotika, obat terlarang dan zat additive lainnya, dan papsmear (bagi bakal calon perempuan). Pemeriksaan lengkap yang berlangsung dari pukul 08.00 hingga 17.00 Wita ini melibatkan 15 orang dokter spesialis. (Jen/SR)

dukacita dukacita bankntb