Ayo !!! Sukseskan AUYS 2016

oleh -5 views
Universitas Utara Malaysia (UUM) menyerahkan Bendera AUYS, tanda resminya UTS menjadi tuan rumah untuk event yang sama pada Tahun 2016

Pendaftaran Dibuka 17 Agustus 2015

Sumbawa Besar, SR (12/08/2015)

Meski perhelatan ASEAN University Youth Summit (AUYS) 2016 masih beberapa bulan lagi, tepatnya 24-28 Januari 2016, namun persiapan pelaksanaannya jauh hari telah dilakukan. Rencananya panitia akan membuka pendaftaran Forum Pertemuan Pemuda se-Asia Tenggara tersebut mulai tanggal 17 Agustus 2015.

Tarian Samawa Tana Bulaeng meriahkan AUYS 2015 di Malaysia
Tarian Samawa Tana Bulaeng meriahkan AUYS 2015 di Malaysia

Ketua Panitia AUYS 2016, Muhammad Nurjihadi M.Si yang ditemui di sela-sela aktifitasnya mengajar di Universitas Teknologi Sumbawa, mengaku bahwa panitia sengaja memilih hari bertepatan dengan Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70 agar semangat kemerdekaan menular pada AUYS 2016. Pada kesempatan itu, Jihad-sapaan akrabnya, mengharapkan semua pihak terutama masyarakat Sumbawa untuk mendukung event tahunan yang sangat prestisius ini. “Kita ingin AUYS mengusung semangat kemerdekaan Republik Indonesia, di samping muncul rasa bangga masyarakat Sumbawa karena untuk pertama kalinya daerah ini menjadi tuan rumah International Conference,” tukasnya.

Jihad mengemukakan alasan dibukanya pendaftaran peserta lebih awal, agar panitia memiliki gambaran yang pasti tentang jumlah serta sebaran negara asal peserta. Hal ini terkait pertimbangan masalah transportasi dan akomodasi peserta, misalnya ticketing, dan kesiapan tempat, sehingga nantinya panitia akan lebih maksimal dalam memprepare agenda acara. Salah satu persiapan yang telah dilakukan yaitu Panitia AUYS 2016 telah menyediakan website bagi siapa saja yang ingin berpartisipasi pada kegiatan tersebut. Calon peserta dapat mendaftarkan diri melalui website; www.auys2016.org, tentunya dengan mengikuti prosedur pendaftaran serta ketentuan yang telah ditetapkan oleh panitia.

Baca Juga  Wakili Sumbawa, Atlit Taekwondo Asal Plampang Boyong 8 Emas dan 10 Perak
Wartawan Samawarea.com, ikut meliput secara langsung pelaksanaan AUYS 2015 di Malaysia (Jen, paling depan pakai Baju garis horizontal putih hitam )
Wartawan Samawarea.com, ikut meliput secara langsung pelaksanaan AUYS 2015 di Malaysia (Jen, paling depan pakai Baju garis horizontal putih hitam )

Untuk diketahui, AUYS pertamakali dilaksanakan di Malaysia pada Tahun 2015 lalu oleh Universitas Utara Malaysia (UUM), Sintok, Kedah, Malaysia. Dari puluhan perguruan tinggi se-ASEAN, salah satu utusan Indonesia dalam pertemuan pemuda internasional tersebut, adalah Universitas Teknologi Sumbawa (UTS). Secara mengejutkan universitas di bawah naungan Yayasan Dea Mas ini ditunjuk sebagai tuan rumah AUYS 2016. Terpilihnya UTS ini di tengah gencarnya sejumlah perguruan tinggi dari berbagai negara ASEAN termasuk PT di Indonesia mengajukan diri untuk menjadi penyelenggara event bergengsi ini. Pengumuman ini disampaikan pada acara penutupan AUYS 2015 di Hotel EDC, Universitas Utara Malaysia (UUM), Sintok, Kedah, Malaysia, 28 Januari 2015. Untuk suksesnya pelaksanaan kegiatan ini, Malaysia melalui UMM akan memberikan dukungan mendatangkan mahasiswa dari 10 negara ASEAN. Diperkirakan pelaksanaan AUYS di Kabupaten Sumbawa, Indonesia akan lebih sukses, karena diperkirakan ribuan duta dari berbagai negara ASEAN hadir. Selain itu AUYS 2016 akan menggunakan konsep berbeda dalam pelaksanaannya yakni tidak hanya monoton berdiskusi di dalam ruangan, melainkan dipadukan dengan outbond. Para peserta konfrensi akan diajak berkeliling untuk melihat potensi yang dimiliki Sumbawa di beberapa tempat seperti kerajinan, madu Sumbawa, susu kuda liar, serta alam wisata untuk mendukung investasi di bidang pariwisata. Mengingat event ini berskala dunia, dukungan pemerintah daerah, propinsi maupun pusat sangat berperan. (Jen/SR)

 

bankntb DPRD DPRD