ACFFest 2015, Upaya Pelibatan Masyarakat untuk Cegah Korupsi

oleh -2 views

Sumbawa Besar, SR (12/08/2015)

Bupati Sumbawa melalui Asisten Pemerintahan Sekda, Dr H Muhammad Ikhsan M.Pd mengaku bangga karena Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memilih Kota Sumbawa sebagai salah satu lokasi untuk menggelar Roadshow Festival Film Antikorupsi atau Anti Corruption Film Festival (ACFFest) 2015. Secara tidak langsung kegiatan ini sebagai upaya pelibatan masyarakat dalam gerakan anti korupsi. “Salah satu kunci sukses pemberantasan korupsi adalah pelibatan masyarakat dalam gerakan antikorupsi. Sebagaimana diketahui bersama bahwa KPK tidak hanya melakukan upaya penindakan korupsi, melainkan juga pencegahan. ACFFest adalah salah satu bentuk dari upaya pencegahan itu,” kata Haji Ikhsan—sapaan akrabnya saat membuka kegiatan tersebut di Lantai III Kantor Bupati Sumbawa, Rabu (12/8).

Ia berharap melalui media film ini sosialisasi pencegahan tindakan korupsi lebih mudah diterima oleh masyarakat umum. Selain itu masyarakat juga dapat memanfaatkan film sebagai medium menyuarakan ide dan gagasan berkaitan dengan kampanye anti korupsi. Secara umum, ungkap Haji Ikhsan—sapaan akrabnya, korupsi mengikis kemampuan institusi dari pemerintah karena pengabaian prosedur, penyedotan sumber daya, dan pejabat diangkat atau dinaikan jabatan bukan karena prestasi. Pada saat yang bersamaan, korupsi mempersulit legitimasi pemerintahan dan nilai demokrasi seperti kepercayaan dan toleransi.

Ditambahkannya, korupsi yang muncul di bidang politik dan birokrasi bisa berbentuk sepele atau berat, terorganisasi atau tidak. Korupsi kerap memudahkan kegiatan kriminal seperti penjualan narkotika, pencucian uang, dan prostitusi. Namun korupsi itu sendiri tidak terbatas dalam hal-hal ini saja. Untuk mempelajari masalah tersebut dan membuat solusinya, sangat penting untuk membedakan antara korupsi dan kejahatan. Karenanya ajang ACFFest 2015 menjadi cara yang cukup tepat untuk memberi pemahaman kepada masyarakat khususnya para generasi muda tentang berbagai tindakan yang berbau korupsi. ACFFest merupakan sebuah ajang apresiasi terhadap bakat-bakat muda kreatif yang bertujuan meningkatkan kesadaran, dukungan dan partisipasi masyarakat Indonesia terhadap upaya pemberantasan korupsi, serta menanamkan perilaku anti-korupsi sebagai bagian dari gerakan, kampanye dan pendidikan anti-korupsi melalui media film. (Jen/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Polisi Masih Sulit Identifikasi Penebas Mantan Kades Marga

No More Posts Available.

No more pages to load.