CJH Cadangan Asal Sumbawa Gagal Berangkat Tahun ini

oleh -3 views

Sumbawa Besar, SR (07/08/2015)

Sedikitnya 24 Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kabupaten Sumbawa harus menguburkan harapannya untuk menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah pada Tahun 2015 ini. Pasalnya mereka dipastikan batal berangkat meski telah melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). “Mereka yang batal berangkat ini adalah calon jamaah yang masuk dalam kategori cadangan. Karena sifatnya cadangan, calon jamaah ini dapat diberangkatkan atau tidak, apalagi mereka sebelumnya sudah membuat surat pernyataan siap berangkat atau tidak,” kata Kepala Kemenag Sumbawa melalui Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Drs H Sulman Hafifi, Kamis kemarin.

Sebelumnya para CJH cadangan ini masuk dalam total kalkulasi calon jamaah yang diberangkatkan tahun ini. BPIH mereka sudah lunas, begitu juga dengan pasportnya sudah ada. “Insya Allah, tahun depan mereka diberangkatkan,” ujarnya.

Dengan batalnya keberangkatan 24 CJH tersebut maka yang dipastikan berangkat tahun ini mencapai 430 ditambah 2 Tim Pemandu Haji Daerah (TPDH) sehingga totalnya 432 orang. Sebelumnya juga ada 2 CJH yang dimutasi yaitu ke Kabupaten Bima dan Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Disinggung mengenai jadwal pemberangkatan, Haji Sulman mengatakan, CJH Sumbawa yang tergabung dalam Kloter 2 dan 5 mulai diberangkatkan tanggal 21 dan 27 Agustus. Untuk Kloter 2 yang merupakan Kloter utuh terdapat 355 calon jamaah dan sudah tiba di Mekkah 23 Agustus, sementara Kloter 5 yang harus digabung dengan Kloter dari Lombok Tengah dan Lombok Timur berisikan 77 calon jamaah akan tiba di Tana Suci 29 Agustus. (Jen/SR)

 

Baca Juga  Penguatan Pendidikan Keluarga di Tengah Era Globalisasi

 

bankntb DPRD DPRD