Besok, Hari Terakhir Perbaikan Kelengkapan Persyaratan Calon

oleh -5 views

Syukri Rahmat: Tidak Lengkap, Tidak Ditetapkan

Sumbawa Besar, SR (06/08/2015)

Jumat (7/8) besok adalah hari terakhir para Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa untuk melengkapi persyaratan calonnya. Jika hingga batas waktu yang ditentukan belum juga dilengkapi, maka bakal calon tersebut dianggap tidak memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai pasangan calon. Untuk diketahui ada tiga pasangan bakal calon yang telah mendaftar dan mengikuti tes kesehatan sebagai tahapan dalam mengikuti kompetisi pada Pilkada Sumbawa, Desember  2015 mendatang. Adalah pasangan H Asaat Abdullah ST—Chandra Wijaya Rayes ST (Saat-Jaya) diusung Hanura, Nasdem, PKPI dan PPP. HM Husni Djibril B.Sc SH—Drs H Mahmud Abdullah (Husni—Mo) diusung PDIP dan Demokrat, serta Jack Morsa S.Adm—H Irwan Rahadi ST (JIWA) diusung Gerindra, PKS dan PBB.

Ketua KPU Sumbawa, Syukri Rahmat S.Ag
Ketua KPU Sumbawa, Syukri Rahmat S.Ag

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa, Syukri Rahmat S.Ag yang dikonfirmasi SAMAWAREA, Kamis (6/8), mengatakan saat ini pihaknya masih memberikan kesempatan kepada bakal pasangan calon untuk memperbaiki dan melengkapi dokumen persyaratan calon hingga batas akhir 7 Agustus besok. Sebab 8—14 Agustus, KPU akan melakukan verifikasi kembali hasil penelitian persyaratan calon ini. Berikutnya 24 Agustus penetapan pasangan calon, yang dilanjutkan dengan penarikan dan penentuan nomor urut pada 25—26 Agustus 2015.

Tiga hari setelah penetapan, sambung Syukri—sapaan akrab komisioner santun ini, masing-masing pasangan calon diberikan hak dan ruang untuk berkampanye. Untuk kegiatan ini harus  mengacu pada Peraturan KPU No. 7 Tahun 2015 tentang Tata Cara Kampanye, yakni spanduk, baliho, reflet, pamflet, dan selebaran dicetak dan dipasang KPU. Sedangkan bahan kampanye yang dapat dicetak dan diedar langsung pasangan calon melalui tim kampanyenya di antaranya baju, payung, muk, ballpoint, stiker dan lainnya. “Kami akan menjamin bahwa pemasangan alat peraga kampanye semua pasangan calon yang dilakukan KPU akan diperlakukan secara adil dan setara baik jumlah, tempat maupun ukurannya. Dan untuk lokasi pemasangan alat peraga ini kami telah koordinasikan dengan Pemda Sumbawa,” ujar Syukri.

Baca Juga  Haji Rasyidi Ditunjuk Sebagai PLH Bupati Sumbawa

Berkas Calon 1Bagaimana dengan akun pasangan calon untuk sarana mempromosikan diri dan disebar melalui media sosial seperti facebook dan jaringan lainnya, Syukri mengaku sudah diatur. Masing-masing pasangan calon dapat membuat akun maksimal 3 serta harus dilaporkan dan terdaftar di KPU Sumbawa. “Untuk masalah akun ini kami sudah menyurati semua pasangan calon kemarin, dan sejauh ini belum ada yang melapor atau mendaftar akunnya. Kita tunggu saja,” ucapnya.

Disinggung mengenai kelengkapan persyaratan calon hingga hampir berakhirnya waktu, Syukri menyatakan ada beberapa calon yang dokumennya belum lengkap. Seperti belum adanya Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Polres Sumbawa, dan surat keterangan tidak menanggung hutang (hutang pribadi atau perusahaan yang mengarah pada kepailitan) dari Pengadilan Negeri Sumbawa. “Kami rasa mereka pasti melengkapinya karena sejauh ini tim dari semua pasangan calon sangat proaktif,” jelas Syukri.

Laporan Harta Kekayaan Bakal Calon di Tangan KPK

Sementara laporan harta kekayaan para bakal calon, diakui Syukri sudah dilengkapi. LHKPN para bakal calon bupati dan wakil bupati Sumbawa tersebut sudah dibawa langsung Ketua Divisi Tekhnis, Sudirman S.IP dan Ketua Divisi Hukum, Dr Yuyun Nurul Azmi M.Pt ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jakarta. “Dua utusan KPU Sumbawa ini sudah berada di Jakarta dan LHKPN para bakal calon sudah sampai di KPK,” pungkasnya. (Jen/SR)

bankntb DPRD DPRD