Polisi dan Jaksa Kerja Bareng Usut Proyek Biogas KSB

oleh -1 views

Sumbawa Besar, SR (05/08/2015)

Proyek Biogas yang ditangani Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) KSB kini ditangani dua institusi penegak hukum yakni Kejaksaan Negeri Sumbawa dan Polres KSB. Sepertinya kedua institusi ini berbagi tugas, polisi tangani proyek Biogas Tahun 2013, sedangkan kejaksaan Tahun 2014. Penanganan yang dilakukan polisi dan jaksa ini sedang berproses.

Kapolres KSB, AKBP Teddy Suhendriyawan Syarif yang ditemui belum lama ini mengakui tengah menangani kasus dugaan penyimpangan proyek biogas Tahun 2013. Sejumlah saksi telah dimintai keterangan dan sedang dalam tahap penyelidikan. Rencananya dalam waktu dekat penanganannya akan ditingkatkan ke proses penyidikan. Seiring dengan peningkatan status ini pastinya akan diikuti dengan penetapan tersangka. Mengenai proyek Biogas Tahun 2014, AKBP Teddy mengaku telah ditangani pihak kejaksaan.

Hal ini dibenarkan Kajari Sumbawa, Sugeng Hariadi SH MH, kemarin. Sejauh ini penanganan kasus tersebut dalam puldata (pengumpulan data) dengan mengundang sejumlah pihak terkait untuk dimintai klarifikasi. Penanganan kasus ini setelah proyek tersebut mendapat sorotan masyarakat karena dianggap belum tuntas. Informasi awal yang diterima, proyek Tahun 2014 ini diduga mangkrak. Karenanya sebagian penerima manfaat tidak dapat menggunakan biogas tersebut. Seperti di Desa Dasan Anyar Kecamatan Jereweh, KSB yang warganya selaku penerima. Berdasarkan data desa, 7 dari 15 warga yang mendapat program tersebut hingga kini belum bisa menikmati biogas karena proses pemasangannya diduga belum diselesaikan. Beberapa kali warga menanyakan persoalan itu ke Dinas ESDM KSB, namun belum direspon. (Jen/SR)

bankntb DPRD DPRD
Baca Juga  Pengunjung Batu Gong Dicegat, Cek Sajam dan Miras