Pemda Siapkan Dana 6,5 M untuk Pelebaran Jalan Garuda

oleh -1 views

Sumbawa Besar, SR (05/08/2015)

Selain pembebasan lahan jalan Samota, Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa melalui Bagian Aset juga tengah memproses pembebasan lahan bagi pelebaran Jalan Garuda. Pembebasan lahan bagi proyek jalan sepanjang 1,2 kilometer dari Depan Kantor Bulog hingga Masjid Kauman Desa Labuan Kecamatan Badas ini akan menghabiskan anggaran sekitar Rp 15 miliar.

Kabag Aset Setda Sumbawa, Varian Bintoro, S.Sos
Kabag Aset Setda Sumbawa, Varian Bintoro, S.Sos

Kabag Aset Setda Sumbawa, Varian Bintoro S.Sos didampingi Kasubag Program, Surbini SE yang ditemui SAMAWAREA, Rabu (5/8), mengatakan nilai pembebasan lahan ini berdasarkan perhitungan Aprisal—sebuah lembaga independen bersertifikasi. Dari nilai belasan miliar ini, yang dibayarkan menggunakan uang sebanyak 41 orang warga termasuk bangunan BUMN dan organisasi politik senilai Rp 6,5 M. Sebagiannya adalah aset pemerintah daerah, serta aset instansi vertikal yang hanya diganti dengan pembangunan pagar dan lainnya. Hal ini sesuai dengan amanat UU No. 2 Tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan untuk Kepentingan Umum, bahwa pembayaran ganti rugi untuk instansi pemerintah tidak dibayarkan dalam bentuk uang. “Kalau ganti rugi lahan untuk BUMN seperti Bulog dan PT Pos, dibayar sama dengan masyarakat dalam bentuk uang,” ujarnya.

Namun demikian anggaran APBD yang dialokasikan untuk pembebasan lahan pelebaran Jalan Garuda hanya Rp 3 M. Kekurangan anggaran tersebut akan diupayakan melalui APBD Perubahan (APBD-P) Sumbawa Tahun 2015 ini. Dengan keterbatasan anggaran yang ada lanjut Varian, disepakati pembayaran awal sebesar Rp 45 persen dari nilai Aprisal, dan 55 persennya akan diselesaikan setelah persetujuan anggaran APBD-P. “Kami harap dukungan masyarakat bagi kelancaran program, karena tanpa peran semua pihak pembangunan tidak akan berjalan maksimal,” pungkasnya. (Jen/SR)

bankntb DPRD DPRD
Baca Juga  HBK Jenguk Warga Penderita Lumpuh dan Polio