Hadiah Umroh Karapan Kerbau 2014 Dipertanyakan Pemenang

oleh -10 views

Taliwang, SR (05/08/2015)

Hadiah utama karapan kerbau berupa Umroh ke Tanah Suci Makkah ternyata hingga saat ini belum diberikan kepada pemenang. Padahal, event yang diikuti ratusan peserta tersebut diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Sumbawa Barat melalui dinas terkait, November 2014 lalu.

Salah satu pemenang, H Mulyadi yang berasal dari Dusun Tua Koda, Kecamatan Utan, Kabupaten Sumbawa, menuturkan, sebagai pemilik kerbau karapan yang dijuluki “Anak Sayang”, merasa sangat senang dan bahagia saat kerbaunya dinobatkan sebagai pemenang di kelasnya.  Namun rasa bahagia yang dialami berangsur hilang, berubah menjadi rasa sakit hati karena Hadiah yang dinantikan tak kunjung diberikan oleh pihak penyelenggara. “Hanya diminta tanda tangan. Uangnya baru bisa diterima jika sudah ada tanda tangan bupati, begitu kata panitianya saat itu,” keluh H Mulyadi mengulang janji panitia saat dihubungi via seluler.

Dalam surat yang ditandatangani H Mulyadi, tertera hadiah utama umroh haji dengan biaya perjalanan  sebesar Rp 26 juta. Hal yang sama juga diberikan kepada salah satu pemenang lomba yang berasal dari Kecamatan Moyo Hilir kabupaten Sumbawa, yakni pemilik kerbau yang dijuluki “Bongkar”. Mereka berdua membubuhkan tanda tangan, usai pelaksanaan lomba yang dilaksanakan di Dusun Serangin, Kelurahan Telaga Bertong, Kecamatan Taliwang, KSB. “Kami berniat melaporkan hal ini kepada polisi karena kemungkinan hadiah itu tidak ada,” tutur H Mulyadi.
Menempuh upaya hukum menurut Haji Mulyadi, adalah langkah terakhir. Jika memang hadiah itu ada, Ia berharap pihak panitia penyelenggara memberikan kejelasan dalam waktu dekat.

Baca Juga  Sebutan Daerah Kerbau Bakal Tinggal Nama

Menanggapi hal tersebut, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif KSB melalui Kepala Bidang Pengembangan Destinasi dan Pemasaran Wisata, Abdul Razak menjelaskan, hadiah umroh yang dijanjikan pihak penyelenggara tetap akan diberikan kepada pemenang. Hanya membutuhkan sedikit waktu untuk proses pencairannya. ” Jika menang tahun ini maka hadiahnya diberikan tahun depan. Sistem pemberian hadiah seperti ini sudah berjalan selama tiga tahun. Jadi kami minta kepada pemenang untuk bersabar, karena sebentar lagi hadiah akan langsung dikirim ke rekening bank pemenang,” jelas Abdul Razak saat dicegat SAMAWAREA, Rabu (5/8)

Ia menambahkan, Karapan Kerbau Tahun 2014 diselenggarakan pemerintah daerah dalam rangka memeriahkan hari lahir (Harlah) Kabupaten Sumbawa Barat. Berbagai pihak ikut dalam kepanitiaan, namun untuk hadiah utama berupa umroh disediakan pemerintah daerah, sebagai bentuk dukungan wisata Karapan Kerbau yang sudah menjadi icon Sumbawa Barat. “Untuk hadiah seperti TV, kulkas dan lainnya langsung diberikan pada saat pengumuman. Sedangkan Umroh mesti melalui prosedur yang sudah diterapkan dalam beberapa tahun penyelenggaraan,” tambahnya.

Kepastian akan diberikannya hadiah utama kepada pemenang nampaknya cukup meyakinkan.  Farhan AR kerabat dekat H Mulyadi terlihat mendatangi Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) setempat. “Rumah Haji Mulyadi cukup jauh dari Sumbawa Barat. Ia mempercayakan kepada saya untuk mengurus hadiahnya, dan semoga bisa diambil secepatnya, karena kami sudah menunggu cukup lama,” urai Farhan.
Ia menaruh harapan kepada pihak penyelenggara untuk merubah sistem pemberian hadiah utama, karena sebagai pemenang seharusnya tidak dibebankan untuk mendatangi banyak pihak demi mendapat hadiah yang sudah menjadi haknya. (ARDIANTO/KSB)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.