Baguntung Rame dan Batu Akik Meriahkan Festival Moyo 2015

oleh -10 views

Sumbawa Besar, SR (05/08/2015)

Festival Moyo 2015 bakal lebih meriah. Pasalnya ada beberapa kegiatan baru yang pada event tahun lalu tidak ada, salah satunya ‘baguntung rame menggunakan rantok’. Sejauh ini panitia pelaksana telah terbentuk dan sudah melakukan sejumlah persiapan dalam rangka menyukseskan agenda tahunan ini.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Sumbawa, H Amri S.Sos M.Si kepada SAMAWAREA usai rapat persiapan pertama bersama Asisten Perekonomian dan sejumlah kepala SKPD, Rabu (5/8) menyebutkan, persiapan Festival Moyo 2015 sudah mencapai 60 persen. Diawali dengan promosi melalui beberapa media berupa surat kabar, elektronik, online, baliho, selebaran dan lainnya. Promosi ini tidak hanya dilakukan panitia kabupaten, hal yang sama juga dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB dan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB. Ada beberapa kegiatan baru dalam pelaksanaan Festival Moyo tahun ini. Seperti baguntung rame, gebyar batu akik, dan kontes burung berkicau. Khusus baguntung rame, rencana awal tiap kecamatan diminta menyediakan masing-masing tiga rantok. Namun dalam rapat tersebut berkembang menjadi 10 rantok setiap kecamatan. Hal inipun sempat menjadi perdebatan dari beberapa camat, karena keberadaan rantok saat ini sulit diperoleh. Saat ini masyarakat lebih cenderung menggunakan mesin pabrik sehingga rantok sudah tidak terpelihara lagi. Diharapkan dengan adanya Festival Moyo ini rantok-rantok tersebut akan terpelihara kembali. “Kami berencana menggelar rapat lanjutan dengan seluruh camat untuk membicarakan masalah rantok ini,’’ ujarnya.

Baca Juga  Wagub Apresiasi Mobil Listrik Karya Anak Bangsa

IKLAN FESTIVAL MOYO BARUDalam kesempatan itu Haji Amri menginformasikan bahwa dalam waktu dekat Pemprov NTB menggelar kegiatan Bulan Budaya Lombok–Sumbawa (BBLS) pada 18 Agustus hingga 16 September mendatang. Pemprov memastikan sejumlah daerah yang menghadiri kegiatan BBLS ini akan diarahkan ke Sumbawa untuk menghadiri pembukaan Festival Moyo, 11 September 2015. Untuk pembukaan, Pemkab Sumbawa bersama Disbudpar NTB terus membangun komunikasi dengan Kementerian Pariwisata RI agar berkesempatan hadir membuka kegiatan tersebut. (Jen/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.