Dirjen Ternak Verifikasi Manajemen Usaha Kelompok di Lape

oleh -7 views

Sumbawa Besar, SR (04/08/2015)

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Sumbawa, Drs H Muhammading M.Si menerima rombongan ketua tim dan anggota verifikasi penilaian Manajemen Usaha Kelompok Ternak Tahun 2015 dari Direktorat Jendral Ternak dan Kesehatan Hewan di Kecamatan Lape, Selasa (4/8). Dalam sambutannya Asisten Perekonomian Pembangunan, Drs H Muhammading M.Si menyampaikan bahwa telah banyak prestasi yang telah diraih Kabupaten Sumbawa dalam bidang peternakan dan dalam bentuk kerjasama baik di dalam maupun luar negeri. “Begitu banyak prestasi yang telah kita peroleh, sesungguhnya bukan itu tujuan utamanya, namun yang lebih penting peternakan di daerah kita harus dipertahankan dan ditingkatkan pengelolaannya sehingga bisa memberikan manfaat nilai tambah dan kesejahteraan kepada peternak dan masyarakat Sumbawa,” paparnya.

Seiring dengan sering diberitakan di media massa, sesungguhnya kemajuan hasil peternakan di Kabupaten Sumbawa terbilang cukup baik, terutama pertumbuhan sapi dalam tiga tahun terakhir yakni sebesar 6,51 %. “Kami sangat mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan verifikasi penilaian manajemen ini sebagai salah satu upaya untuk mendorong masyarakat berkelompok dalam memajukan usaha peternakannya,” ujarnya.

Kelompok Ternak Saling Pedi Kecamatan Lape yang telah mendapatkan kepercayaan untuk mewakili NTB dalam lomba peternakan, dan Pemda bersama Dinas Peternakan Kesehatan Hewan berkomitmen untuk memberikan pembinaan secara berkelanjutan sehingga benar-benar menjadi motivasi bagi kelompok dan masyarakat lainnya.

Baca Juga  Buka Rekening di BRI, 350 Fakir Miskin Siap Terima Bantuan

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Tim Verifikasi Penilaian Manajemen Usaha Kelompok Tahun 2015 Direktorat Jenderal Ternak dan Kesehatan Hewan, Ir SV Primadona menyampaikan pada kegiatan ini apabila dilihat dari pembangunan peternakan, tidak hanya bagaimana para peternak meningkatkan produksi dalam negeri untuk mencukupi kebutuhan masyarakat, tapi yang lebih penting bagaimana mensejahterakan masyarakat. Karenanya yang diperlukan adalah menggali potensi yang ada untuk memberdayakan potensi peternakan yang tersedia sehingga masyarakat mampu mengelola diri sendiri dan sumber daya di lingkungannya untuk kemakmurannya. Salah satu yang diupayakan pemerintah dalam rangka menyemangati petani yakni meningkatkan produktivitasnya yang berdampak pada pendapatan dan kesejahteraannya. “Bagaimana mendorong berkembangnya usaha ini, karena itu salah satu kegiatan yang kita lakukan setiap tahun yaitu menilai kegiatan kelompok yang berprestasi, untuk memberikan motivasi kepada petani atau kelompok tani yang selanjutnya bisa memberikan motivasi kepada peternak-peternak yang ada di sekitarnya,” tukasnya, seraya menambahkan penilaian ini melibatkan praktisi dan perguruan tinggi negeri. (Jen/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.