Pemda Sumbawa Jalin Kerjasama dengan New Zealand

oleh -68 Dilihat

Susun Rencana Aksi Penanggulangan Bencana

Sumbawa Besar, SR (03/08/2015)

Workshop penyusunan rencana aksi penanggulangan resiko bencana digelar Senin (3/8). Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Sumbawa ini dihadiri Tim UGM, UNRAM dan tim dari New Zealand, FKPD dan sejumlah pimpinan SKPD.

Dalam laporannya, Kepala BPBD Kabupaten Sumbawa Ir Mukmin mengatakan bahwa StIRRRD dimulai sejak Tahun 2011-2012 di Kota Palu dan Kota Padang sebagai pilot project. Beberapa kegiatan dilaksanakan yakni workshop kebencanaan, penyusunan rencana aksi daerah, kunjungan dan pelatihan di New Zealand serta pemantapan dan implementasi aksi. Dalam pelaksanaannya, kegiatan tersebut mengutamakan koordinasi dan kerjasama berbagai pihak seperti pemerintah daerah, universitas lokal, kalangan swasta, LSM ,dan kelompok komunitas siaga bencana. Kegiatan StIRRRD tersebut bertujuan untuk mewujudkan penguatan resiko bencana dan peningkatan kesiapsiagaan di tingkat daerah menuju penguatan ketahanan Indonesia. Kegiatan StIRRRD dilaksanakan atas kerjasama Universitas Gajah Mada (UGM), dan GNS Science New Zealand yang didanai oleh Ministry Of Foreign Affair and Trade (MFAT) New Zealand.

Baca Juga  Indosat Ooredoo Hutchison Catatkan Momentum Pertumbuhan yang Solid di Seluruh Lini Bisnis
Wakil Bupati Sumbawa, Drs H Arasy Muhkan Sampaikan Sambutan
Wakil Bupati Sumbawa, Drs H Arasy Muhkan Sampaikan Sambutan

Wakil Bupati Sumbawa Drs H Arasy Muhkan saat membuka kegiatan itu mengatakan manusia harus belajar lebih banyak tentang alam, karena alam dan bumi sudah semakin tua. Untuk itu rentan dengan bencana alam, sehingga kegiatan ini dilaksanakan bagaimana masyarakat waspada bencana sejak dini. “Kita siapkan diri kita siapkan masyarakat kita, siapkan lingkungan kita dan siapkan rencana aksi kita dalam rangka penata-kelolaan bencana di Tana Samawa. “Masyarakat harus menjaga keseimbangan dan bagaimana bersama–sama menyusun rencana strategis penanggulangan bencana,” kata Haji An sapaan akrab Wabup Sumbawa.

Tim New Zealand Foto bersama unsur Muspida
Tim New Zealand Foto bersama unsur Muspida

Menurutnya, bencana bukan hanya tanggung jawab pemerintah melainkan semua pihak. Hal ini mengingat dampak bencana akan menimpa semuanya. Bencana bisa terjadi kapan dan dimana pun. Karenanya mitigasi bencana sangat penting dalam rangka mengurangi resiko bencana. (Jen/SR)

pilkada mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *