Sumbawa dan Bima Tuntaskan Persoalan Bangsa

oleh -6 views

Sumbawa Besar, SR (31/07/2015)

Menteri Pertanian RI, Dr Ir Andi Amran Sulaiman MP menyampaikan apresiasi kepada para petani Sumbawa dan Bima yang telah berhasil menuntaskan persoalan bangsa terkait dengan ketersediaan pangan. Sebab di tengah kekurangan stok pangan dan nyaris dilakukan impor beras, jagung dan bawang, Sumbawa dan Bima menjadi salah satu daerah yang mampu menanganinya. “Dua daerah ini sangat berjasa mengatasi persoalan bangsa,” ucap Menteri Andi saat melepas eksport jagung Sumbawa di Dermaga Badas, Kecamatan Badas, Sumbawa, Jumat (31/7).

Karenanya pemerintah pusat akan terus memberikan perhatiannya kepada petani di dua daerah ini melalui berbagai program pertanian. Di antaranya akan menyediakan bibit bawang gratis untuk ratusan hektar termasuk 200 Ha di Kabupaten Sumbawa. Pemerintah juga menggelontorkan anggaran Rp 30 miliar untuk Kabupaten Sumbawa yang difokuskan bagi pembangunan embung dan sumur dangkal dalam mengimbangi kondisi Sumbawa yang masuk kategori daerah kering. Hal ini sekaligus menjawab permintaan petani bawang di Desa Serading Kecamatan Moyo Hilir dan petani jagung di Kecamatan Labangka yang mengaku kesulitan air. “Kami akan berikan bantuan pembangunan 10 embung atau sumur dangkal untuk petani Sumbawa,” ucap Menteri Pertanian yang mengaku sia-sia datang jauh-jauh ke Sumbawa jika tidak memberikan bantuan yang terbaik.

Ancam Copot Kepala Bulog

Di bagian lain, Menteri Andi mengancam akan mencopot Kepala Bulog Sumbawa jika tidak mampu menyelesaikan persoalan jagung dan gabah petani di daerah ini. Bulog harus dapat menyerap hasil produksi pertanian para petani dalam rangka menstabilkan harga dan mempertahankan stok pangan. “Ini instruksi bukan main-main. Kalau tidak mampu siap-siap angkat kaki,” tandasnya. (Jen/SR)

bankntb DPRD DPRD
Baca Juga  Sapi Bantuan “Bariri Ternak” Boleh Dijual Asal…