Menteri Pertanian Bantu Wujudkan Labangka Komplek

oleh -3 views

Sumbawa Besar, SR (31/07/2015)

Kecamatan Labangka Kabupaten Sumbawa dikenal sebagai daerah penghasil jagung terbesar di NTB. Setiap tahunnya produksi jagung petani setempat terus meningkat, sehingga tak mengherankan jika pengusaha asal luar daerah termasuk PT Seger Agro Industri menjadikan Labangka sebagai salah satu kecamatan pemasok jagung terbesar di Kabupaten Sumbawa. Namun demikian petani setempat mengalami persoalan dalam meningkatkan produksi jagungnya. Sebab dalam setahun hanya bisa sekali panen, karena lahan yang ada tadah hujan. Jika hal ini bisa diatasi maka produksi pertanian khususnya jagung akan meningkat berlipat-lipat karena dapat panen lebih dari satu kali. Kondisi yang dialami petani Labangka ini langsung dilaporkan kepada Menteri Pertanian RI, Dr Ir Andi Amran Sulaiman MP. Selain perwakilan petani, Bupati Sumbawa, Drs H Jamaluddin Malik dalam kesempatan itu mengakui kondisi tersebut. Menurut JM—sapaan Bupati, mengatakan bukan hanya Labangka tapi juga beberapa kecamatan lain di sekitarnya seperti Maronge dan Plampang. Salah satu upaya untuk mengatasi persoalan air ini adalah pembangunan Labangka Komplek yang sudah lama direncanakan bahkan telah disanggupi menteri pertanian sebelumnya saat melakukan panen raya di Plampang. Jika Labangka Komplek bisa terealisasi maka akan mampu mengairi lahan di tiga kecamatan tersebut mencapai 5.000—10.000 hektar.

Menteri Pertanian  Dr Ir Andi Amran Sulaiman MP.
Menteri Pertanian Dr Ir Andi Amran Sulaiman MP.

Menanggapi hal itu, Menteri Andi mengaku bahwa pembangunan Labangka Komplek tidak hanya menjadi ranah kementeriannya melainkan tanggung jawab utama adalah Kementerian PU. Namun ia dapat membantu dalam mewujudkannya. “Secepatnya kirim proposal ke Menteri PU tembuskan ke kami. Proposal itu antar langsung jangan dikirim nanti jatuhnya ke tempat lain. Usahakan tahun ini biar saya bisa koordinasikan dengan Menteri PU yang juga masih sahabat saya,” katanya.

Baca Juga  Gempabumi Tektonik Guncang Solok

Meski baru didengarnya, Ia menilai keberadaan Labangka Komplek mampu mengatasi persoalan pertanian karena bisa mengairi 6.000 hektar yang secara tidak langsung mengatasi masalah bangsa termasuk mendukung terwujudnya swasembada pangan. Karenanya untuk jangka pendek, Menteri berjanji akan membantu pembangunan embung dan bantuan sumur pompa kepada petani Labangka, dan petani lainnya di Sumbawa. “Sudah kami siapkan anggaran 30 miliar untuk bangun embung dan sumur pompa di Kabupaten Sumbawa,” pungkasnya. (Jen/SR)

bankntb DPRD DPRD