Sopir Bus Dites Urine, Kendaraan Dicek Fisik

oleh -18 views
Tes Urine terhadap sopir di Terminal Sumer Payung, Tahun 2015 lalu
bankntb

Polisi Sidak, Antisipasi Kecelakaan Arus Mudik

Sumbawa Besar, SR (16/07/2015)

amdal

Tingginya angka kecelakaan di wilayah hukum Polres Sumbawa sepanjang Tahun 2015 ini membuat jajaran kepolisian setempat prihatin. Selain karena kendaraan yang dinilai tidak laik jalan, kecelakaan juga disebabkan human error yakni pengendara dan sopir yang ugal-ugalan. Karenanya Satuan Polisi Lalulintas (Satlantas) bersama tim Satres Narkoba Polres Sumbawa melakukan sidak di Terminal Sumer Payung, Rabu (15/7) pagi. Semua kendaraan angkutan umum dicek fisik. Tak hanya itu sopir pun menjadi sasaran. Mereka dilakukan tes urine untuk menjamin bebas narkoba dan minuman beralkohol. Ini dilakukan guna menjamin kelayakan dan keamanan kendaraan sekaligus keselamatan penumpang selama arus mudik lebaran Idul Fitri 1436 H.

Sebelumnya Kasatlantas Polres Sumbawa, AKP Edy Sudarma Korniawan S.Kom memberikan pengarahan kepada para sopir mengenai keselamatan, keamanan dan kenyamanan penumpangnya. Data kepolisian menunjukkan tingginya angka kecelakaan dalam 6 bulan ini. Ia berharap para sopir lebih berhati-hati dan mementingkan keselamatan penumpang terlebih lagi dalam arus mudik ini jumlah kendaraan cenderung meningkat. Dengan ditingkatkannya kewaspadaan sopir akan dapat mengurangi risiko terjadinya kecelakaan.

Pantauan SAMAWAREA di lapangan, usai pengarahan, satu per satu kendaraan bus dicek mulai dari sabuk pengaman, kondisi fisik, hingga peralatan kelengkapan lainnya untuk menghindari terjadi kerusakan dalam perjalanan. Sedangkan sopirnya dikumpulkan dan diarahkan ke tempat yang telah disediakan. Sebagian sopir kaget karena mereka langsung dites urine. “Ini dilakukan untuk mengetahui kondisi sang sopir apakah layak untuk mengemudikan kendaraan atau tidak agar keselamatan para penumpang lebih terjaga selama perjalanan,” ucap AKP Edy—sapaan akrab Kasatlantas.

Baca Juga  11 Tenaga Kerja Asing PLTU Kertasari Kabur
Lupa bawa STNK, Bus Yudi Jaya diamankan polisi, penumpang terlantar
Lupa bawa STNK, Bus Yudi Jaya diamankan polisi, penumpang terlantar

Demikian dengan surat kendaraan seperti SIM dan STNK tak luput dari pemeriksaan. Bus Yudi Jaya jurusan Lunyuk—Mataram terpaksa diamankan karena sang sopir tidak dapat menunjukkan STNK. Sopir beralasan STNK tertinggal di Mataram. Kondisi ini membuat harapan para penumpang untuk lebih awal sampai di Mataram menjadi sirna. Mereka ‘terlantar’ selama beberapa jam di Polres Sumbawa, hingga akhirnya pukul 15.00 Wita, bus pengganti datang menjemput dan seluruh penumpang beserta barangnya dipindahkan. “Seharusnya kami sudah sampai di Lombok jam 2 siang, agar kami dapat menyiapkan segala sesuatu untuk berbuka puasa di sana, tapi karena polisi tidak memberikan toleransi kami terpaksa ‘nginap’ beberapa jam di kantor polisi,” sesal salah seorang penumpang. (Jen/SR)

iklan bapenda