Mantapkan Imtaq, Mabes Nurul Huda Inisiasi Buka Puasa Bersama

oleh -1 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (12/07/2015)

Berbagi rasa dalam memantapkan iman dan taqwa di bulan suci Ramadhan menjadi salah satu tujuan digelarnya buka puasa bersama yang digagas Markas Besar (Mabes) Nurul Huda di Masjid Agung Nurul Huda Sumbawa, Minggu malam ini. Kegiatan yang diikuti seratusan jamaah tersebut adalah yang pertama digelar para pemuda Sumbawa dari berbagai kalangan tersebut sejak Mabes Nurul Huda terbentuk secara spontan awal Ramadhan, Juni lalu. “Alhamdulillah kami bisa menggelar kegiatan ini,” ucap Taviv AR Salengke yang ditunjuk sebagai Komandan Mabes.

amdal

Mabes Nurul Huda 1Didampingi Edy “Rio” Mochtar selaku Sekretaris dan Han Cobra yang dipercaya sebagai koordinator, Taviv mengatakan, terbentuknya Mabes Nurul Huda ini tak terencana. Selama ini mereka yang selalu rajin melaksanakan sholat berjamaah merasa prihatin melihat kondisi masjid. Selain terlihat kotor dengan pekarangan yang terkesan tak terurus juga eksisten kegiatan di masjid kebanggaan tana dan tau Samawa ini masih minim. Tergugah akan hal tersebut, anggota Mabes yang sudah mencapai sekitar 50 orang ini membentuk suatu wadah yang dapat menfasilitasi persoalan tersebut baik dengan pihak pemerintah maupun para pengusaha yang peduli dan masih memiliki setitik iman. “Kami ingin menginisiasi ini, karena kalau bukan kita siapa lagi dan kalau bukan dari sekarang kapan lagi,” tukasnya.

Mabes Nurul Huda 2Mabes Nurul Huda ini nantinya akan menjadikan Masjid Nurul Huda sebagai pusat kegiatan keagamaan dan sosial kemasyarakatan. Meskipun fungsi utamanya sebagai tempat menegakkan shalat, berzikir dan beri’tikaf juga dapat pergunakan untuk kepentingan sosial sebagai yang dilakukan pada masa Rasulullah SAW. “Kami ingin memakmurkan masjid, mendekat umat muslim dengan masjid, dan menjadikan masjid ini sebagai tempat yang nyaman dalam beribadah,” timpal Hans Cobra.

Baca Juga  Perusahaan Asal Papua Pemenang Tender Pasar Brang Bara

Ke depan tidak hanya sebatas puasa ini saja, kegiatan Mabes Nurul Huda akan diperluas dengan menggelar berbagai macam program termasuk perlombaan yang bernuansa islami. Tak hanya itu mereka juga akan menggaet para pemuda lainnya agar tidak hanya mengejar dunia semata karena yang kekal abadi adalah kehidupan di akhirat. “Kami ingin masa depan generasi mendatang lebih baik dari generasi saat ini,” tambah Rio Edy Mochtar.

Mabes Nurul Huda 3Mereka berharap pemerintah dapat mensupport apa yang telah diinisiasi Mabes. Misalnya menyediakan petugas keberhasihan untuk secara rutin membersihkan lingkungan masjid yang cukup luas agar tertata, karena masjid dapat juga dijadikan sebagai wisata religi yang kebetulan berada satu komplek dengan Istana Tua Dalam Loka. “Selain para turis datang beribadah mereka juga dapat menyaksikan peninggalan sejarah yang telah menjadi destinasi wisata nasional,” tandas Rio, seraya menyampaikan apresiasi kepada sejumlah pihak yang telah mendukung kegiatan Mabes Nurul Huda dalam upaya memberikan manfaat bagi umat. (Jen/SR)

 

iklan bapenda