PHK Karyawan, Kantor MAF Disegel

oleh -55 views

Sumbawa Besar, SR (10/07/2015)

PT MAF (Mega Auto Finance) yang berlokasi di Kelurahan Seketeng Kecamatan Sumbawa, disegel mantan karyawannya yang belum lama di PHK. Penyegelan terhadap kantor kredit khusus Yamaha ini, Jumat (10/7) pagi, dilakukan karena pihak perusahaan belum membayar pesangon termasuk dana lain yang menjadi hak karyawan.

Ditemui di lokasi penyegelan, Dody Saputra—salah seorang karyawan PHK, mengatakan, penyegelan yang dilakukan ini sebagai bentuk protes terhadap perusahaan dan pemerintah daerah. Sejak di PHK Juni 2015 lalu, dia bersama dua rekannya belum mendapat pesangon. Bahkan uang koperasi yang selama ini dipotong dari gaji sebesar Rp 25 ribu setiap bulan juga belum diberikan. Padahal uang koperasi tersebut sepenuhnya hak karyawan. “Berdasarkan perjanjian, uang koperasi ini bisa diklaim setelah sudah bukan status sebagai karyawan,” kata Dody.

Segel MAF 1Ia mengaku sudah melaporkan permasalahan ini ke Disnakertrans Sumbawa. Pihak dinas setempat menyatakan tidak dapat mengambil tindakan lebih tegas kepada perusahaan dan mengarahkan mereka untuk menyelesaikan persoalannya di Pengadilan Hubungan Industrial. “Untuk membawa masalah ini ke PHI kami berpikir dua kali karena butuh biaya dan jaraknya berada di luar Pulau Sumbawa,” ujarnya.

Ia tetap berharap pemerintah dapat turun tangan menfasilitasi persoalan ini karena yang mereka perjuangkan adalah hak yang harus ditunaikan perusahaan. Ditanya sampai kapan penyegelan berakhir ? Dodi menegaskan hingga ada titik temu dan kesediaan perusahaan untuk merealisasikan kewajibannya terhadap mereka. (Jen/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Nama Kajati NTB Dicatut