Bulan ini, Dishutbuntan KSB Lelang 71,2 Kubik Kayu Temuan

oleh -14 views
bankntb

Taliwang, SR (7/7/2015)

Dinas Kehutanan Perkebunan dan Pertanian (Dishutbuntan) Sumbawa Barat berencana melakukan pelelangan 1.853 batang kayu temuan dalam waktu dekat ini.
Kayu dengan total 71,2 kubik tersebut merupakan kayu rimba campuran hasil dari upaya pemberantasan ilegal logging sejak 2012-2015. Pelelangan yang akan dilakukan pada bulan ini (Juli, Red) atau tepatnya sehabis ramadhan, merupakan pelelangan lanjutan dari pelelangan awal yang urung terlaksana. Pasalnya Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Cabang Bima tidak menyetujui karena pengumuman pelelangan dilakukan secara manual.
KPKNL melalui suratnya nomor S-375/WKN.14/KNL.04/2015 dengan prihal pemberitahuan hasil review pengumuman lelang, menganggap jika pengumuman lelang di media cetak masih belum memenuhi peraturan perundang-undangan.

Kabid Kehutanan Dishutbuntan KSB, Slamet
Kabid Kehutanan Dishutbuntan KSB, Slamet

Kepala bidang Kehutanan Dishutbuntan KSB, Slamet menuturkan, saat itu ia menggunakan dua media cetak, dan belum mengetahui jika ada aturan baru tentang pelelangan yang mengharuskan pengumuman melalui elektronik. Dengan adanya surat dari KPKNL, pihaknya terpaksa membatalkan pelelangan yang sudah terjadwal pada 13 Mei lalu. “Kami diminta untuk memasukkan permohonan pelelangan baru  dan itu akan segera kami lakukan dengan terlebih dahulu mengumumkan pelelangan melalui media elektronik,” ulasnya.

Pengumuman pelelangan, sambungnya, akan diupayakan sudah terpasang dalam waktu dekat. Pihaknya berkeinginan dapat terpasang dalam 15  hari kedepan agar eksekusi pelelangan bisa dilakukan usai ramadhan. Ia memastikan, seluruh kayu yang akan dilelang merupakan kayu temuan di beberapa lokasi sejak tiga tahun terakhir, terdiri dari kayu rimas, jati dan ketapang. (ARDIANTO/KSB)

iklan bapenda
Baca Juga  Menangkan Gugatan “Beringin Sila”, Pemda Tidak Ganti Rugi 5,7 M