Polisi Dapat Dana 2,1 M untuk Pengamanan Pilkada Sumbawa

oleh -2 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (07/07/15)

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Sumbawa tinggal menghitung bulan. Persiapan untuk pengamanan meski belum secara resmi sudah dilakukan jauh hari oleh jajaran Polres Sumbawa. Meski menjadi tugas pokok kepolisian, namun pemerintah daerah harus memberikan dukungan sehingga pelaksanaan Pilkada untuk memilih Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa periode 2016—2021 dapat berjalan lancar, aman dan kondusif. Sebagai bentuk dukungan pemerintah daerah telah menggelontorkan dana pengamanan melalui APBD 2015. Anggaran ini dialokasikan untuk pengamanan pada tahap persiapan, pelaksanaan hingga pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih. Dan Pilkada yang digelar secara serentak di 7 kabupaten/kota di NTB pada 9 Desember 2015 ini hanya berlangsung satu putaran.

amdal
AKBP Karsiman SIK MM, Kapolres Sumbawa
AKBP Karsiman SIK MM, Kapolres Sumbawa

Kapolres Sumbawa, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Karsiman SIK MM yang ditemui SAMAWAREA, Senin (6/7) mengatakan, pihaknya mengajukan dana pengamanan Pilkada sebesar Rp 3,5 Milyar, namun yang direalisasikan Rp 2,1 M. Meski demikian jumlah ini dinilai telah memenuhi standar minimal dalam melaksanakan pengamanan untuk semua tahapan mulai dari persiapan, pelaksanaan hingga pelantikan. “Persiapan khususnya bagian intel sudah jalan, hanya persiapan secara resminya nanti setelah Pra Ops usai Lebaran Idul Fitri yang diikuti dengan simulasi (pengamanan kota) dan gelar pasukan,” jelasnya.

Mengenai jumlah anggota yang dilibatkan, Kapolres menyebutkan sekitar 470 personil atau 2/3 kekuatan yang diback-up anggota Brimob dan Shabara masing-masing 1 SSK (satuan setingkat kompi) dari BKO Polda NTB. “Anggota BKO akan digunakan dalam kekuatan berkelompok, sedang anggota Polres sendiri akan disebar ke berbagai wilayah dengan melakukan pengamanan tertutup dan terbuka,” demikian Kapolres. (Jen/SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Cegah Radikalisme Melalui Kesenian