Panwaslu KSB Fokus pada Strategi Pencegahan

oleh -0 views
bankntb

Taliwang, SR (3/7/2015)

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) akan memfokuskan fungsi pencegahan guna meminimalisir pelanggaran dalam pemilukada mendatang.
Ketua Panwaslu KSB, Unang Silatang S.Kom mengatakan, pemilu yang baik dan tanpa kecurangan akan mampu diwujudkan jika semua pihak memahami setiap potensi-potensi  pelanggaran. “Mewujudkan itu sangat dibutuhkan pengawasan partisipatif mulai dari tahapan hingga penghitungan suara,” jelas Unang.

amdal

Pengawasan partisipatif dimaksud adalah pengawasan yang melibatkan masyarakat dalam mengawasi seluruh aspek dan tahapan Pemilukada di Sumbawa Barat. Salah satu strategi pengawasan yang dilakukan Panwaslu KSB yakni dimulai dengan memberi informasi dan membangun kesadaran masyarakat bahwa pengawasan bukan hanya tugas penyelenggara, tetapi tugas bersama dengan partisipatif dari masyarakat. “Bersama dengan pengawasan partisipatif, kami sangat yakin jika pencegahan terhadap potensi pelanggaran dapat secara dini diminimalisasi apapun bentuk pelanggarannya,” timpal Unang.

Salah satu upaya untuk memberi pemahaman kepada masyarakat, lanjutnya, Panwaslu KSB dalam bulan ini intens melaksanakan Safari Ramadhan. Selain untuk sosialisasi, kegiatan dari dalam kota hingga ke desa yang sulit terjangkau tersebut, diharapkan akan melahirkan partisipatif yang tinggi dalam pemilihan kepala daerah periode 2016-2021. Tidak hanya di bidang keagamaan, sosialisasi serupa juga dilakukan Panwaslu KSB di bidang seni dan budaya. Rencananya, kampus dan sekolahpun akan didatangi demi suksesnya pilkada. (ARDIANTO/KSB)

iklan bapenda
Baca Juga  5.226 Wajib Pilih di Kecamatan Plampang Tidak Memilih