Mulai Dibuka Hari Ini, Ratusan Konsumen Serbu Alfamart

oleh -88 views

Sumbawa Besar, SR (02/07/15)

Ratusan masyarakat langsung menyerbu Alfamart yang baru dibuka Kamis (2/7) tadi pagi. Usaha waralaba yang berlokasi di Jalan Kartini Sumbawa Besar ini disambut antusias karena dinilai menguntungkan. Masyarakat memiliki pilihan dalam berbelanja di toko yang lengkap dengan harga terjangkau. Secara tidak langsung masyarakat menyetujui keberadaan Alfamart. Beberapa warga mengaku gembira dengan dibukanya Alfamart. Keberadaan Alfamart mendorong toko, mall dan minimarket lainnya untuk berkompetisi sehingga upaya monopoli atau memainkan harga di satu toko tidak lagi terjadi. “Kami punya pilihan, mana yang menguntungkan ini yang kami pilih,” ujar Hartati yang ditemui SAMAWAREA saat mendaftar sebagai member dan mendapatkan kartu diskon dari Alfamart.

Alfamart buka 1Disinggung mengenai adanya penolakan dari paguyuban pedagang kecil dan menengah, Hartati tidak masuk ke ranah itu. Namun dia melihat keberadaan Alfamart di Jalan Kartini tidak bersinggungan langsung dengan pedagang kecil, karena di sekitar Alfamart berdiri toko-toko besar dan sebagian besar menjual bahan bangunan dan barang-barang yang tidak serupa dengan Alfamart. “Biarlah pengusaha fight, dan biarlah masyarakat menentukan pilihannya,” ucap Hartati. Mengenai belum adanya ijin operasional Alfamart, Hartati juga berharap pengusaha waralaba ini segera menyelesaikan kewajibannya agar usaha yang positif ini tidak dipandang negative secara hukum.

Alfamart buka 2Sementara salah seorang karyawan mengakui jika Alfamart telah dibuka mulai hari ini. sedangkan Alfamart di tempat lain akan menyusul, seperti di samping Kantor Jasa Rahardja—Jalan Kebayan Kelurahan Uma Sima, akan dibuka 8 Juli mendatang. “Masalah ijin itu urusan boss besar, kami hanya karyawan biasa yang menjalankan perintah. Disuruh kerja ya kerja,” tandasnya.

Baca Juga  Sohwan: Soal 11 TKA PLTU yang Kabur Hanya Miss Komunikasi

Sekedar informasi, Alfamart menyediakan kartu member untuk para konsumen. Kartu ini berlaku secara nasional di seluruh cabang Alfamart di Indonesia. Dengan kartu ini masyarakat yang berbelanja akan mendapatkan diskon. “Semakin banyak belanjanya, semakin besar diskonnya,” ucapnya.

para konsumen mengurus kartu member untuk mendapatkan Diskon "Ponta"
para konsumen mengurus kartu member untuk mendapatkan Diskon “Ponta”

Seperti diberitakan sejumlah pedagang kaki lima, pedagang kelontong, dan usaha toko/kios kecil yang tergabung dalam Paguyuban Pedagang Kecil dan Menengah Kabupaten Sumbawa menolak secara tegas kehadiran Alfamart di daerah ini. Penolakan tersebut disampaikan dengan bersurat kepada Bupati Sumbawa belum lama ini. Surat dengan tembusan Ketua DPRD, Kepala Bappeda, Kepala KPPT, Kabag APP, Kabag Hukum, Kepala BPM-LH, Kepala Diskoperindag, Kadis PU dan Kasat Pol PP Sumbawa ini ditandatangani sedikitnya 34 anggota Paguyuban yang tersebar di sejumlah tempat wilayah Kota Sumbawa. Mereka beralasan pihak Alfamart hanya mengandalkan ijin dari pemerintah berupa Peraturan Bupati (Perbup) yang mekanisme penyusunannya tidak jelas tanpa memperhatikan kondisi dan dampak yang akan ditimbulkan khususnya untuk para pedagang yang ada di sekitar lokasi tersebut. Dengan kata lain, Perbup itu disusun tanpa melakukan kajian akademik tapi langsung ditetapkan. Selain itu keberadaan Alfamart akan mematikan usaha-usaha kecil yang ada di sekitarnya, dan ini telah terbukti di beberapa daerah di Indonesia. Kemudian, dasar peraturan ijin operasi Alfamart belum pernah disosialisasikan kepada semua pihak. Karenanya mereka meminta Bupati Sumbawa membatalkan Perbup dan meninjau kembali kebijakan tersebut sehingga kebijakan yang dikeluarkan berpihak kepada masyarakat.

Baca Juga  Lambat Atasi Pasca Gempa, Gubernur Minta Sumbawa Percepat Bentuk Pokmas

Kepala Kantor Pelayanan dan Perizinan Terpadu (KPPT) Kabupaten Sumbawa, Wirawan S.Si MT menegaskan hingga kini Alfamart belum mengantongi ijin operasional. Karenanya usaha waralaba tersebut tidak diperkenankan untuk beroperasi sebelum mengantongi ijin tersebut. Sejauh ini Alfamart sudah melakukan beberapa tahapan pengurusan perijinan untuk beroperasi di Sumbawa. Alfamart sudah mengantongi ijin prinsip dari Bupati Sumbawa. Ijin ini bukan ijin operasional melainkan ijin yang bersifat umum yang pada intinya Bupati Sumbawa welcome terhadap suatu operusahaan untuk berinvestasi di Sumbawa. Dengan ijin prinsip itu menjadi dasar bagi mereka untuk mengajukan permohonan mendapatkan ijin operasional. Selain ijin prinsip, Alfamart khusus yang berada di Jalan Kartini Kelurahan Brang Bara sudah mengantongi ijin HO (ijin gangguan), dan IMB ruko. Alfamart juga sudah mengajukan surat permohonan untuk Ijin Usaha Toko Swalayan (IUTS) kepada KPPT tertanggal 1 Juli 2015. Namun berdasarkan verifikasi dokumen yang dilakukan tim KPPT, surat permohonan Alfamart ini dikembalikan karena ada berkas-berkas yang kurang lengkap. (Jen/SR)

BPSK dukacita dukacita bankntb

No More Posts Available.

No more pages to load.