PT BA Membandel, Komisi II Desak Langkah Hukum

oleh -10 views
Kondisi Sungai Ai Tawar Buer

Sumbawa Besar, SR (29/06/15)

Meski sudah dinyatakan illegal dan pemerintah telah mengeluarkan rekomendasi agar PT Bumi Agung (PT BA) menghentikan aktivitasnya, namun perusahaan yang melakukan penambangan di Sungai Ai Tawar, Buin Baru, Kecamatan Buer ini, tetap membandel. Sebab sampai saat ini PT BA tetap melaksanakan aktivitas penambangan galian C nya. Padahal perusahaan itu tidak memiliki ijin usaha pertambangan.

Abdul Rafiq, Ketua KOmisi II DPRD Sumbawa
Abdul Rafiq, Ketua KOmisi II DPRD Sumbawa

Ketua Komisi II DPRD Sumbawa, A Rafiq mengakui masih membandelnya PT BA. Dan sepertinya rekomendasi yang mengharuskan PT BA menghentikan aktivitasnya sebelum melengkapi perijinan tak berarti apa-apa. Rekomendasi ini terbit juga hasil kesepakatan dengan PT BA. Jika ini terus dibiarkan maka kerusakan lingkungan setempat akan semakin parah, dan harus ada tindakan tegas untuk menghentikan tindakan perusahaan tersebut.

Dengan masih beraktivitasnya PT BA ini, Rafiq—sapaan Ketua DPC PDIP Sumbawa ini menilai Pemda Sumbawa ompong. Seharusnya Pemda selaku eksekutor harus segera bertindak ketika ada perusahaan yang beroperasi secara illegal. “Harus ada tindakan tegas, bila perlu tempuh upaya hukum,” pungkasnya. (*)

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Gagalkan Aksi Pengeboman Ikan, Polair Polres Sumbawa Amankan 3 Kapal