Pol-PP KSB Amankan Ribuan Petasan

oleh -5 views
bankntb

Taliwang, SR (29/6/2015)

Patroli rutin Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dalam pekan kedua Ramadhan telah berhasil mengamankan ribuan petasan dan kembang api. Menurut Kepala Satpol-PP KSB, Agus Hadnan, ribuan kembang api dan petasan berbagai jenis  dan ukuran tersebut diamankan dari 11 pedagang di Kecamatan Taliwang dan 5 pedagang di Kecamatan Maluk. “Ada sekitar 2.052 buah petasan dan kembang api yang berhasil diamankan, namun pemiliknya tidak kita tahan hanya diberi peringatan,” kata Agus Hadnan saat dikonfirmasi SAMAWA REA di ruang kerjanya, Senin (29/6).

Kasat Pol PP KSB, Agus Hadnan
Kasat Pol PP KSB, Agus Hadnan

Masih kata Agus Hadnan, seluruh barang yang diamankan hanya jenis petasan yang akan dihanguskan. Sedangkan kembang api diijinkan untuk dibawa pulang pemiliknya sehari sebelum lebaran atau saat malam takbiran. Sebab jika diizinkan untuk dijual sekarang, jenis yang menimbulkan ledakan baik di udara maupun tanah dikhawatirkan dapat mengganggu ketertiban bulan ramadhan, terutama saat pelaksanaan ibadah Sholat Tarawih. “Membunyikan petasan harus ada izin dari Polri, jadi tidak bisa kami kembalikan dan akan dimusnahkan,” sambungnya.

Petasan ApiDisitanya petasan dan kembang api oleh Satpol-PP KSB sebagai tindaklanjut Peraturan Bupati KSB nomor 24 Tahun 2015 tentang Kegiatan Masyarakat pada Bulan Suci Ramadhan. Selain petasan dan kembang api, dalam Perbub tersebut juga tertuang larangan agar tempat hiburan malam dan rumah makan tutup selama bulan Ramadhan. Sejauh ini, selain mengamankan petasan, Satpol-PP KSB juga telah memanggil dua pemilik rumah makan yang kedapatan membuka dan melayani pembeli. Kepada mereka diberikan pembinaan, dan dengan pengertian mereka bersedia tidak berjualan atau buka setelah sore hari. “Alhamdulillah untuk tempat hiburan malam semuanya tutup, mudah-mudahan sepanjang bulan ramadhan seperti itu,” harap Agus Hadnan. (ARDIANTO/KSB)

iklan bapenda
Baca Juga  Tak Tebang Pilih, Kapolsek Hukum Anggota Pelanggar Prokes