Petugas Lapas Sumbawa Ungkap Penyelundupan Shabu

oleh -0 views
foto: lapassumbawa.blogspot
bankntb

Ditemukan di Blok yang Dihuni Oknum Polisi

Sumbawa Besar, SR (24/06/15)

amdal

Penyelundupan narkoba ke dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II Sumbawa Besar, masih saja terjadi. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya satu poket shabu-shabu di salah satu Blok Napi Narkoba, Selasa (23/6) sekitar pukul 13.00 Wita.

Keberadaan shabu seberat 0,28 gram beserta rangkaian alat hisap (bong) dan sebuah tas jinjing warna ping ini terungkap ketika petugas Lapas setempat melakukan penggeledahan di sel yang dihuni empat orang narapidana narkoba berinisial KR, EBR, dan RC, termasuk Brigadir FR—oknum polisi Polres KSB.

Kalapas Sumbawa, Rahmat Mulyana, Bc.IP, SE, M.Si yang dihubungi via telepon seluler, Rabu (24/6) tadi, mengatakan, penggeledahan itu dilakukan berdasarkan kecurigaan petugas. Berawal dari tidak ikutnya empat warga binaan (sebutan untuk penghuni Lapas) pada kegiatan Pesantren Kilat yang digelar Selasa (23/6) pagi. Demikian juga ketika dilaksanakan ibadah shalat dzuhur di Masjid Lapas, keempatnya juga tidak ikut. Merasa ada yang tidak beres, petugas KPLP dan petugas penjagaan langsung menuju kamar di blok keempatnya dan menemukan shabu dan alat bong. Tak hanya itu petugas juga menemukan 4 buah handphone dari tangan mereka.  Temuan itu langsung dikoordinasikan dengan Kasat Reserse Narkoba Polres Sumbawa. Menurut Kalapas Rahmat, shabu ini belum sempat digunakan, dibuktikan dengan hasil tes urine menyatakan negatif.

Disinggung masih bisanya barang haram itu masuk ke lingkungan Lapas, Ia mengatakan bisa  dilakukan dengan berbagai cara. Ini kemungkinan bisa disebabkan karena masih adanya kelemahan di Lapas, bukan karena kelalaian petugas tapi karena kekurangan petugas. Selain itu dinding Lapas juga hanya satu lapis dari yang seharusnya dua lapis. Hal ini yang membuat orang dari luar dengan mudah membuang sesuatu dari luar dinding. Namun demikian pihaknya tetap sigap menyikapi hal yang mencurigakan di dalam Lapas. Meski dengan keterbatasan pihaknya tetap melaksanakan tugas secara maksimal, dengan terus melakukan pemantauan.

Baca Juga  Pengesahan Sertifikat Alot, Pemilik Labrak Kepala BPN Sumbawa

Seperti diketahui, penyelundupan narkoba ke dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II Sumbawa Besar, terjadi Selasa (23/6) siang. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya satu poket shabu-shabu di salah satu Blok Napi Narkoba. Keberadaan shabu seberat 0,28 gram beserta rangkaian alat hisap (bong) dan sebuah tas jinjing warna ping ini terungkap ketika petugas Lapas setempat melakukan penggeledahan di sel yang dihuni empat orang narapidana narkoba berinisial KR, EBR, dan RC, serta Brigadir FR—oknum polisi Polres KSB.  (*)

CAPTION: Kalapas Sumbawa memberikan arahan kepada warga binaan (foto: doc/SR)

iklan bapenda