KPU KSB Temukan 3.223 Dukungan Ganda Calon Perseorangan K2

oleh -2 views
bankntb

Taliwang, SR (24/06/15)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbawa Barat menemukan sebanyak 3.223 dukungan ganda dari total 13.671 dukungan yang diserahkan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati  dari jalur perseorangan.

amdal
Fahroni SH, Anggota KPU KSB
Fahroni SH, Anggota KPU KSB

Menurut Koordinator Divisi Teknis KPU KSB, Fahroni SH, dukungan ganda yang ditemukan dalam berkas yang diajukan pasangan Kusmayadi dan Khairuddin Karim (K2) tersebut diketahui pihaknya setelah melakukan analisis kegandaan. “Kami menemukan 3.223 pendukung yang memberikan dukungan ganda, dari jumlah itu hanya 1.474 dinyatakan memenuhi syarat,” terang Fahroni kepada SAMAWAREA, Rabu (23/6).
Jumlah pendukung pasangan calon yang diajukan K2 sambung Fahroni, dari semula 13.671 menjadi 11.922 dukungan. Sebanyak 1.749 dukungan dianggap tidak lagi memenuhi syarat. “Itu masih dalam analisis kegandaan, belum lagi jika verifikasi administrasi faktual dilakukan kemungkinan besar jumlah dukungan yang tidak memenuhi syarat akan bertambah,” urainya.

Verifikasi administrasi faktual di tingkat PPS saat ini tengah berjalan. Butuh 14 hari sejak syarat dukungan diserahkan oleh K2. “Jika hasil dari PPS sudah keluar maka kami akan surati pasangan calon dan ditembuskan kepada pihak-pihak terkait,” tukas Fahroni.
Untuk maju dari jalur perseorangan, K2 pada 13 Juni lalu mendatangi KPUD KSB dengan menyerahkan berkas dukungan melebihi yang ditetapkan yakni sebanyak 13.222 dukungan. Dengan ditemukan dukungan ganda, dari 13.671 yang serahkan K2, hanya 11.922 yang dinyatakan memenuhi syarat. Artinya paket yang mengusung koalisi kerakyatan tersebut butuh sedikitnya 1.300 dukungan guna memenuhi syarat dukungan minimal yang ditetapkan KPUD. Kekurangan jumlah dukungan yang harus dipenuhi akan bertambah jika hasil verifikasi administrasi faktual di tingkat PPS menemukan kejanggalan yang dapat menyebabkan dukungan dianggap tidak memenuhi syarat. Ditambah lagi dengan aturan KPU bahwa calon perseorangan tetap bisa melakukan pendaftaran dengan ketentuan menyerahkan dukungan dua kali lipat dari jumlah kekurangan, dan itu dilakukan sebelum penetapan calon. (Ardianto/KSB)

iklan bapenda
Baca Juga  Jarot Mokhlis: Kunci Bangun Daerah, Datangkan Uang yang Banyak