Safari Ramadhan Perdana di Lamenta Empang

oleh -1 views
bankntb

Wabup Ajak Perbanyak Amal 

Sumbawa Besar, SR (23/06/15)

amdal

Safari Ramadhan yang rutin setiap tahun, kembali digelar Pemerintah Kabupaten Sumbawa dalam bulan puasa ini. Untuk kegiatan perdana dilaksanakan di Masjid Nurul Yaqin Desa Lamenta, Kecamatan Empang, Senin (22/6).

Wakil Bupati Sumbawa Drs H Arasy Muhkan bertindak sebagai pimpinan rombongan yang terdiri dari para anggota Forkopimda, Ketua Pengadilan Negeri Sumbawa Besar, Asisten Pemerintahan, Asisten Perekonomian dan Pembangunan serta para kepala SKPD. Pada kesempatan itu Wakil Bupati menyerahkan bantuan dana untuk pembangunan Masjid Nurul Yaqin, di samping bantuan lainnya dari Bank BPD dan Bank BNI.

Dalam sambutannya, Wabup menyampaikan, di bulan Ramadhan umat muslim diuji baik lahir dan bathin yang akhirnya nanti akan menjadi pemenang. Tentunya apa yang menjadi tuntunan yang diajarkan Rasulullah SAW dalam mengisi bulan ramadhan harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. “Mari perkuat keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, memperbanyak hubungan silaturrahim dengan sesama manusia, lingkungan dan alam semesta. Dan mari kita memohon ampun kepada Allah SWT karena bulan ramadhan penuh dengan rahmat dan magfirahnya,” ajak Wabup seraya meminta untuk saling membantu antar sesama dan menjaga alam semesta agar selalu bersahabat dengan manusia.

Di bagian lain Wabup menginformasikan bahwa akhir Desember mendatang dilaksanakan pesta demokrasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa periode 2016-2021. Ia menghimbau semua pihak untuk mengamankan Tana Samawa, dengan tidak berbuat sesuatu yang akan mengganggu proses pemilihan nanti. “Gunakan hak pilih anda untuk mendapatkan pemimpin yang baik demi mewujudkan masyarakat yang sejahtera,” ucap Wabup.

Baca Juga  Karnaval dan Paduan Suara Meriahkan Hari Kartini di Plampang

sholat tarawihSebelumnya, Ustadz H Joni Wildan Sutarman LC menyampaikan hikmah ramadhan. Menurutnya, umat muslim di dalam menjalankan ibadah puasa harus bisa menservice diri sendiri sebagaimana sepeda motor. Motor apabila tidak rutin diservice maka keadaannya akan sering rusak, demikian dengan tubuh yang harus diservice melalui puasa yang rutin dilakukan setiap datangnya bulan ramadhan agar tubuh selalu sehat dalam menjalankan kehidupan. Puasa tidak hanya meninggalkan makan dan minum, melainkan mengingatkan umat muslim bahwa dunia ini bukanlah segalanya. “Dunia ibarat bayanganmu, kalau terus mengejar bayanganmu, tidak akan bisa mendapatkan bayanganmu. Akan tetapi berpalinglah dari bayanganmu maka bayanganmu akan mengikutimu. Begitulah dunia ini jika kita mencari dunia terus, kita tidak akan kenyang dengan dunia, akan tetapi jika kita berpaling dari dunia ini maka dunia itu yang akan mengikuti kita,” tutur Ustadz Joni.

Hal tersebut sesuai dengan Sabda Rasullulah SAW “barang siapa yang akhirat adalah tujuannya, maka Allah SWT akan menjadikan kekayaan dalam hatinya. Hal ini bukan berarti meninggalkan dunia melainkan menjadikan dunia sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT sekaligus mengingatkan untuk tidak terlena dengan dunia. “Puasa adalah sarana agar kita menjadi insan yang bertaqwa kepada Allah SWT,” pungkasnya. (*)

iklan bapenda