Ketua DPRD Apresiasi Kinerja Pansus Ranperda

oleh -0 views
bankntb

SAMAWAREA PARLEMENTARIA, KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN DPRD KABUPATEN SUMBAWA

Sumbawa Besar, SR (11/06/15)

amdal

Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Lalu Budi Suryata SP memberikan apresiasi atas kinerja anggotanya yang tergabung dalam tiga panitia khusus (Pansus) bersama tim asistensi Pemda Sumbawa yang telah menuntaskan pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kabupaten Sumbawa Tahun 2015. Dari sejumlah Ranperda baik atas usulan DPRD maupun eksekutif, Pansus telah menyetujui 12 Ranperda untuk ditetapkan sebagai Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Sumbawa.

Seperti Pansus I yang sudah menyetujui 6 Ranperda untuk ditetapkan menjadi Perda.  Terhadap perbaikan dan penyempurnaan dari substansi pasal ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Ranperda yang akan ditetapkan.

Kemudian Pansus II dalam pembahasannya telah melakukan proses penggabungan terhadap dua ranperda baik yang berasal dari eksekutif maupun DPRD. Menurut ketentuan yang ada itu harus digabung yakni Ranperda tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah. Sedangkan Ranperda Pengelolaan Lar perlu dilakukan pengkajian yang lebih konferhensif dan aspiratif. Karenanya Pansus II berpendapat untuk menunda penetapan ranperda pengelolaan LAR ini. Di samping itu Pansus II telah menyelesaikan dan menetapkan tiga Ranperda untuk diteapkan menjadi Perda yakni Ranperda tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah, Ranperda tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Daerah, dan Ranperda tentang Retribusi Jasa Umum.

Selanjutnya Pansus III, ungkap Budi—akrab politisi PDIP ini disapa, dengan tegas menyetujui dan menetapkan tiga Ranperda untuk ditetapkan menjadi Perda. Yaitu  Ranperda Pencegahan dan Penaggulangan HIV/AIDS, Ranperda Pengendalian dan Pengawasan Minuman Beralkohol, dan Ranperda Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI. “Semua Ranperda yang telah disetujui ini akan diusulkan dan ditetapkan menjadi Perda pada masa sidang mendatang,” demikian Budi. (*)

iklan bapenda
Baca Juga  LMND NTB Dukung Program Beasiswa S2 Pemprov NTB