Bupati Sumbawa ke Italia Resmi dan Teranggarkan

oleh -2 views

Sumbawa Besar, SR (11/06/15)

Bupati Sumbawa Drs H Jamaluddin Malik bersama rombongan dari DPRD, Bappeda, Dinas Peternakan dan Keswan Kabupaten Sumbawa akan bertolak ke Italia dalam rangka memenuhi Official Invitation (undangan) International Buffalo Federation (IBF) guna menindaklanjuti kerjasama pengembangan ternak kerbau di Kabupaten Sumbawa. Keberangkatan Bupati Sumbawa ke Italia dalam rangka pertemuan dan penandatanganan kesepahaman (MoU) antara Pemerintah Indonesia dan Otoritas Pemerintah Italia.

Rachman Ansori M.SE, Kabag Humas Setda Sumbawa
Rachman Ansori M.SE, Kabag Humas Setda Sumbawa

Kabag Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Sumbawa, Rachman Ansori MSE dalam siaran persnya, Rabu (10/6) mengatakan, selain beberapa pejabat, rombongan ke Italia itu termasuk 5 PNS dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sumbawa yang akan mengikuti Kursus Pelatihan tentang Industri dan Management Kerbau. Menurut Ansori—akrab Kabag Humas disapa, kunjungan dinas yang direncanakan 9 hari ini telah memenuhi ketentuan yang disyaratkan oleh Permendagri No. 11 Tahun 2011 tentang Pedoman Perjalanan Dinas ke Luar Negeri Bagi Pejabat/Pegawai di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri, Pemerintah Daerah, dan Pimpinan Serta Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Selain itu telah terbit Surat dari Kementerian Sekretariat Negara Nomor B-1024/Kemensetneg/Sesmen/LN.00.00/5/2015 tertanggal 7 Mei 2015 tentang Persetujuan Perjalanan Dinas Luar Negeri dan Kementerian Luar Negeri telah mengeluarkan Short Visit Visa purpose Working Visit to the Indonesian Embassy in Rome tertanggal 21 Mei 2015.

Sebagaimana dipersyaratkan oleh Permendagri No. 11 Tahun 2011 guna memperoleh ijin perjalanan dinas luar negeri salah satunya adalah “sumber pembiayaan”. “Mustahil akan keluar dokumen ijin perjalanan dinas luar negeri dan sebagainya kalau tanpa dilampirkan sumber pembiayaan,” jelas Ansori menanggapi adanya tudingan jika perjalanan dinas itu menggunakan dana siluman.

Baca Juga  400 Pasang Kerbau Berlaga di Orong Dodat Moyo Hulu

Penting untuk di informasikan lanjut Ansori, bahwa kunjungan ini telah menjadi salah satu agenda kegiatan strategis yang telah direncanakan dan dianggarkan di SKPD masing-masing yaitu di dokumen anggaran Sekretariat Daerah untuk Bupati, dokumen anggaran Sekretariat DPRD untuk Pimpinan/Anggota DPRD Sumbawa, dokumen anggaran Dinas Peternakan dan Keswan untuk Kepala Dinas Peternakan dan Keswan, dokumen anggaran Bappeda untuk Kepala Bappeda. Sedangkan anggaran bagi PNS yang mengikuti kursus pelatihan manajemen dan industry kerbau telah tertuang di dokumen anggaran Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Sumbawa. Saat ini pula Surat Perintah Tugas dan SPPD untuk Bupati Sumbawa dan Pimpinan/Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa selaku Pejabat Negara dan Pejabat Daerah telah diterbitkan oleh Gubernur Nusa Tenggara Barat yang ditandatangani Wakil Gubernur selaku Wakil Pemerintah Pusat di daerah.

Dengan rampungnya seluruh dokumen keberangkatan perjalanan dinas luar negeri dan pembiayaannya ke Italia yang akan dilaksanakan oleh Bupati Sumbawa dan rombongan merupakan perjalanan dinas yang “resmi, terencana dan teranggarkan”, sehingga hasilnya nanti akan bermanfaat bagi pengembangan peternakan di Kabupaten Sumbawa khususnya ternak kerbau. (*)

 

bankntb DPRD DPRD