Putusan Kasasi 6 Tahun, Tukul Bakal Dipecat 

oleh -6 views

Sumbawa Besar, SR (06/06/15)

Kapolres Sumbawa, AKBP Karsiman SIK MM, menyebutkan masih ada beberapa anggotanya yang menunggu dipecat. Mereka telah melakukan berbagai pelanggaran, tidak hanya disiplin namun juga tindak pidana. “Beberapa anggota ini tinggal menunggu waktu,” kata Kapolres yang ditemui usai memimpin upacara pemecatan Bripka Sis, Sabtu (6/6).

Anggota yang terancam dipecat ini sebagian menunggu Skep Kapolda, sebagian lainnya menunggu salinan putusan Kasasi. Salah satunya, Brigadir Gde Eka Suarjana alias Tukul. Oknum anggota ini terlibat tindak pidana kasus kecelakaan lalulintas yang menewaskan Arniyati—kekasihnya hingga berbuntut pada kasus kerusuhan Sumbawa Tahun 2013 lalu. Di tingkat Pengadilan Negeri, Tukul divonis 8 tahun penjara dari tuntutan 10 tahun. Menurut Kapolres, ini adalah putusan yang paling berat kasus kecelakaan lalulintas di Indonesia karena berdampak luas bagi masyarakat. Karena putusan itu dirasakan berat, Tukul mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi Mataram. Tukul pun divonis lebih ringan menjadi 4 tahun penjara. Proses pun tidak berhenti sampai di situ saja, karena Jaksa Penuntut Umum (JPU) mengajukan Kasasi hingga akhirnya Hakim Mahkamah Agung (MA) menjatuhkan putusan 6 tahun penjara. “Putusannya sudah inkrach,” kata Kapolres.

Untuk selanjutnya ungkap Kapolres, pihaknya masih menunggu surat dari Dirjen Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM. Surat ini nantinya menjadi dasar bagi pihaknya untuk mengajukan oknum anggota tersebut ke sidang kode etik. “Surat ini menjadi dasar bagi kami untuk memboyong yang bersangkutan ke Sumbawa karena anggota itu ditahan di propinsi berbeda,” demikian Kapolres. (*)

BPSK dukacita dukacita bankntb
Baca Juga  Kapenrem Mayor Dahlan: Kasrem Berangkatkan Cuti Lebaran Gel II Tahun 2019

No More Posts Available.

No more pages to load.