Kapolres Sumbawa Ajak LSM Jaga Kondusifitas

oleh -0 views
Kapolres dan Wakapolres Sumbawa foto bersama dengan sejumlah LSM dan tokoh masyarakat Sumbawa
bankntb

Sumbawa Besar, SR (21/05/15)

Menjaga kondusifitas wilayah adalah tugas dan tanggung jawab bersama. Semua elemen masyarakat harus berpartisipasi dalam menciptakan kenyamanan, keamanan dan ketertiban masyarakat. Terlebih saat ini dalam situasi politik jelang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati. Karenanya untuk mengingatkan peran semua pihak, Kapolres Sumbawa AKBP Karsiman SIK MM berinisiatif menggelar pertemuan silaturahim dengan seluruh LSM, aktivis, tokoh masyarakat, dan pers, Kamis (21/5) siang tadi.

Ikut mendampingi Kapolres di antaranya Wakapolres, Kompol Joelmadi, Kabag Ops, Kabag Sumdah Kompol Syirajuddin, Kasubag Hukum AKP M Jafar, Kasat Reskrim IPTU Tri Prasetiyo, Kasatlantas AKP Edy Korniawan S.Kom, dan Kasat Intel AKP M Hatta S.IP. Sedangkan dari LSM di antaranya Ketua SSB M Ridha Rahzen, Ketua Forkots Imanuddin Opet Budjik, Khairil Anwar Uban (Kamita), Hamzah (Gempur), Abdul Haji (ITK), dan pegiat lainnya.

Kapolres Sumbawa, AKBP Karsiman SIK MM dalam kesempatan itu meminta para pegiat LSM dan pers untuk tetap menjaga keamanan dan kondusifitas daerah. Karena diakui Kapolres peran mereka sangat strategis dalam memobilisasi massa guna mendukung terjaganya kondusifitas ini. Diakui Kapolres menjelang Pilkada ini dukungan masing-masing LSM sudah pasti terbagi dan mendukung calon yang berbeda. Meski berbeda namun diharapkan tetap bersama menjaga predikat Sumbawa sebagai daerah teraman, serta terbaik dalam pelaksanaan pesta demokrasi.

Sebelumnya Kapolres mengaku sempat berkomunikasi dengan Sultan Sumbawa, DMA Muhammad Kaharuddin. Sultan berpesan bahwa yang paling utama adalah menjaga harga diri dan martabat masyarakat Sumbawa. Karenanya diminta kepada semua pihak agar tidak menciderai kewibawaan daerah Sumbawa.

Baca Juga  Diduga Dana PNPM Lunyuk 1,6 M Dibobol

Selain itu, Kapolres juga mengaku sempat dihubungi Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah SE. Tokoh nasional asal Sumbawa itu meminta kasus KSB tidak sampai terjadi lagi di Sumbawa, dimana persoalan kecil yang memicu masyarakat untuk bereaksi sehingga menjadi masalah besar. Akibat kejadian itu semua pihak dirugikan. Ada yang meninggal dunia, ada yang tertangkap dan aktivitas masyarakat menjadi terganggu. ‘’Saat ini ada beberapa orang yang sedang diproses di KSB yang diduga sebagai provokator,” sebut Kapolres.

Ini pernah terjadi di Sumbawa sebelum dirinya menjabat, para provokator yang sudah menjalani hukuman penjara sangat menyesali perbuatannya karena kurang pahamnya mereka atas undang-undang ITE. Dengan orasi yang mereka sampaikan, akhirnya membuat susah diri sendiri.

Untuk itu peristiwa kelam ini tidak boleh terjadi lagi. Menurut Kapolres, tidak akan bisa para pejabat mengendalikan massa jika tokoh mudanya tidak difungsikan. “Para tokoh muda seperti LSM dan aktivis harus bisa diberdayakan sebab kondusifitas daerah bisa terwujud dengan adanya sinergitas antar semua pihak,” tandasnya.

Sebelumnya Ketua SSB, M Ridha Rahzen menyambut positif inisiatif Kapolres yang mengundang mereka. Cara komunikasi kapolres ini dinilai langkah yang sangat tepat karena untuk menjaga kondusifitas bukan tugas polisi semata melainkan semua pihak harus bertanggung jawab. “Kami salut dengan Bapak Kapolres yang selalu mengambil inisiatif demi kedamaian Tana Samawa ini,” ucap CEO Harian Umum Gaung NTB ini.

Baca Juga  Sirra Prayuna Kukuhkan Pengurus IKA UNRAM Wilayah Bali

Selama AKBP Karsiman menjabat sebagai Kapolres Sumbawa, menurut Ridha, daerah ini aman sebab sekecil apapun persoalan selalu disikapi secara serius dengan menjalin komunikasi yang intens dengan semua pihak. “Beliau tidak ingin menganggap enteng masalah, karena persoalan kecil bisa berpotensi menjadi besar jika dibiarkan dan tidak disikapi dengan bijak,” ujarnya, seraya berharap AKBP Karsiman tetap berada di Sumbawa karena saat ini sangat sulit mencari sosok penggantinya.

Harapan senada dikemukakan Khairil Anwar Uban dari KSM Kamita, yang menyatakan bahwa LSM siap menghadap Kapolda bahkan Kapolri untuk tetap mempertahankan AKBP Karsiman SIK MM sebagai Kapolres Sumbawa minimal hingga suksesnya pelaksanaan Pilkada di daerah ini. “Beliau adalah orang luar yang peduli Sumbawa,” pungkasnya. (*)

iklan bapenda