Semarak Kicau Burung di Pantai Saliperate

oleh -12 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (11/05/15)

Suasana Pantai Saliperate Desa Labuhan tidak seperti biasa. Salah satu obyek wisata di Kabupaten Sumbawa ini ramai dikunjungi pecinta burung, Minggu kemarin. Mereka mengambil bagian dalam Lomba Burung Berkicau yang dilaksanakan Komunitas Kicau Mania Sumbawa (KMS). Ratusan burung diikutkan dalam perlombaan tersebut. Tak mengherankan jika di tempat itu suara merdu terdengar semarak. Selain suara, tingkah laku burung juga menjadi penilaian dalam lomba itu. Bagi burung dengan memenuhi kategori diberikan bendera.

amdal

Punglor kembangKetua KMS, M Said yang ditemui di lokasi mengatakan selain ajang silaturrahim event tersebut dihajatkan untuk mempromosikan spesies burung asli Sumbawa. Event ini juga dilaksanakan bertepatan dengan HUT KMS ke-3 yang diikuti peserta dari Pulau Sumbawa, Lombok dan Bali. Kategori yang diperlombakan adalah Kelas Cucak Hijau, Kecial Tumbuk, Anis, Punglor Kembang (Sampeong), Kenari, dan Kacer. “Ada dua burung endemis dari Sumbawa yaitu punglor kembang dan kecial tumbuk. Melalui lomba ini kami ingin memperkenalkan kembali burung-burung ini,” ucap Said.

Sementara itu penggemar burung sekaligus Pembina KMS, Sugeng Hariadi SH MH menilai perlombaan itu sangat menarik dan positif. Perlombaan ini menurutnya tidak sekedar mencari juara tapi jauh lebih penting untuk melestarikan burung-burung khas Indonesia terutama burung endemis Sumbawa. (*)

iklan bapenda
Baca Juga  Dedi Susanto Terpilih Sebagai Ketua TAGANA Sumbawa