Wabup Harap Pilkada Sumbawa Berlangsung Kondusif

oleh -1 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (10/05/15)

Wakil Bupati Sumbawa, Drs H Arasy Muhkan berharap rangkaian Pilkada Sumbawa yang mulai dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dapat berlangsung tertib, aman dan sukses. Sebab sukses dan tidaknya Pilkada ini akan berpengaruh terhadap keberlangsungan pembangunan, pemerintahan, dan pembinaan kemasyarakatan di daerah ini, bahkan negara pada umumnya.

Wabup Sumbawa, Drs H Arasy Muhkan
Wabup Sumbawa, Drs H Arasy Muhkan

Pilkada Sumbawa yang akan dilaksanakan 9 Desember 2015 nanti, ungkap Wabup, merupakan bagian dari pembangunan bangsa dan negara, antara lain diarahkan untuk memperkuat keberadaan dan kelangsungan NKRI yang bertumpu pada bhineka tunggal ika. Selain itu juga diarahkan untuk mengembangkan system politik nasional yang berkedaulatan rakyat, demokratis, dan terbuka serta mengembangkan kehidupan partai yang tetap menghormati keanekaragaman aspirasi politik. “Inilah makna inti dari demokrasi ini yaitu bersedia menerima dan menghargai perbedaan secara terbuka dan bertanggungjawab,” ucap Wabup saat memberikan arahan pada Launching Pilkada Sumbawa di kantor KPU Sumbawa, Sabtu (9/5).

Karenanya keberadaan semua unsur pelaksanaan Pilkada dari tingkat pusat hingga daerah memiliki peran strategis bagi tujuan dan arah pembangunan politik dan demokrasi tersebut. Di sisi lain, jadwal pilkada yang sangat padat mulai dari persiapan dan tahapan pelaksanaannya hingga penetapan, mengharuskan segenap penyelenggara Pilkada bekerja keras dengan penuh perhatian dan ketelitian. Berbagai aturan main sesuai dengan ketentuan perundang-undangan harus dipahami secara komprehensif. “Di sini saya tekankan, tanggung jawab Pilkada ini bukan hanya tugas KPU, melainkan tanggung jawab bersama apakah pemerintah, parpol, maupun seluruh elemen masyarakat,” serunya.

Baca Juga  KMP 'Menyerah' APBD Sumbawa 2015 Segera Dibahas

Karenanya sukses Pilkada akan tercermin pada pelaksanaannya luber dan jurdil yang berlangsung dalam suasana kondusif, serta menghasilkan kepala daerah berkualitas, mampu mengemban amanah dan aspirasi masyarakat. “Bahkan kita berharap Pilkada dapat berlangsung layaknya sebuah pesta dengan suasana ‘riam remo’ sebagai ciri khas Tau Samawa. Dan sedapat mungkin meminimalisir terjadinya golput,” pintanya. (*)

 

iklan bapenda