UTS Siap Diback-up Basis Industri yang Kuat

oleh -1 views
bankntb

STP Lahirkan Industrialis Kampus

Sumbawa Besar, SR (10/05/15)

amdal

Ketua Dewan Penasehat Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) Dr H Zulkieflimansyah SE M.Sc menegaskan UTS tidak mungkin terus bergantung dengan donasi. Karenanya UTS harus diback-up strong industrial base (basis industry yang kuat) yang diharapkan akan melahirkan industrialis kampus. Salah satu upayanya adalah mewujudkan Science and Techno Park (STP) di Kabupaten Sumbawa. Kehadiran STP di wilayah Batu Alang Kecamatan Moyo Hulu tersebut ungkanya, melalui proses yang panjang. “Berawal dari bincang-bincang dengan Pak Menteri, saya menceritakan tentang tekhnologi di Indonesia timur,” kata Doktor Zul—akrab tokoh ini disapa.

Seperti gayung bersambut, Menteri Andrinof mengemukakan bahwa pemerintahan Jokowi memiliki program yang kemungkinan konek dengan persoalan di Sumbawa. Karena salah satu yang menjadi persoalan daerah adalah minimnya keberadaan industrialis. “Industrialis tidak harus belajar di universitas, tapi akan belajar di perusahaan-perusahaan yang berada di STP,” sebut Doktor. Ketika STP ini menjadi nyata, maka akan ada laboratorium yang bagus, dan produk yang berkualitas, sehingga dengan sendirinya para donatur akan menyalurkan profitnya ke universitas. “Dengan demikian, insha Allah tanpa diminta para dosen yang bagus-bagus akan berlomba-lomba datang ke sini,” imbuhnya.

Lokasi pembangunan STP di Kaki Bukit Olat Maras Batu Alang
Lokasi pembangunan STP di Kaki Bukit Olat Maras Batu Alang

Menteri PU Bangun Asrama Mahasiswa

Diakui Doktor Zul, meski lokasi dimulainya pembangunan STP ini masih berupa hutan, namun dalam dua tahun yang akan datang diyakini sudah berubah. Sebab STP tidak akan berhenti di tengah jalan, ketika sudah terlihat komersialisasinya harus di-groome dalam satu kawasan industry. “Alhamdulillah 30 Mei nanti Menteri Perindustrian akan datang mencanangkan dan meletakkan batu pertama sentra industry kecil dan menengah di sini,” ucap Doktor Zul.

Baca Juga  Mulai Dibangun, STP akan Diresmikan Presiden Jokowi

Ketika UTS memiliki industrial tersebut maka perguruan tinggi yang saat ini baru berumur dua tahun semakin seksi dan menarik. Sekarang saja, hampir 300 pelajar dari luar daerah sudah mendaftar untuk kuliah di UTS. Dengan banyaknya para pelajar dari luar ini, Menteri PU sudah berjanji akan datang pada 30 Mei nanti dan memberikan bantuan pembangunan asrama mahasiswa berlantai 4 dengan jumlah mencapai 600—700 kamar. “Jika semua terisi, maka di sekitar UTS akan berkeliaran 1.500 orang setiap harinya,” kata Doktor Zul, seraya mengutip ungkapan Ibu Negara Amerika “siapa yang punya keberanian untuk bermimpi yang indah, maka semua alam semesta akan bersatu padu untuk mewujudkan mimpi-mimpi itu”. (*)

iklan bapenda