Ciptakan Pilkada Bersih, KPU-Penegak Hukum Teken MoU   

oleh -0 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (10/05/15)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa berkomitmen untuk menyelenggarakan pemilihan bupati dan wakil bupati Sumbawa yang bersih, berintegritas dan bebas korupsi. Tekad ini dibuktikan dengan penandatanganan Momery of Understanding (MoU) antara KPU Sumbawa dengan Kejaksaan, Kepolisian dan Inspektorat Sumbawa di kantor KPU setempat, Sabtu (9/5) kemarin. Penandatanganan MoU ini dilakukan Ketua KPU Sumbawa, Syukri Rahmat S.Ag, Kapolres AKBP Karsiman SIK MM, Kajari Sugeng Hariadi SH MH dan Kepala Inspektorat A Rahim S.Sos. Penandatanganan ini disaksikan langsung Ketua KPU NTB, L Aksar Anshori, pimpinan DPRD Sumbawa, kepala SKPD dan pimpinan partai politik.

amdal

Ketua KPU Sumbawa, Syukri Rahmat mengatakan penandatanganan MoU ini dilakukan untuk pengawasan demi penyelenggaraan pilkada bersih, berintegritas dan bebas korupsi di Kabupaten Sumbawa. Hal tersebut merupakan komitmen karena banyak yang harus dikawal secara bersama-sama. ‘’MoU ini bukan hanya mengikat kami di KPU Sumbawa, tapi seluruh jajaran penyelenggara baik di tingkat Sekretariat, PPK, PPS dan KPPS agar Pilkada terlaksana sesuai amanat UU,” ucap Syukri.

KPU Launching Pilkada 3Ditambahkan Ketua KPU NTB, L Aksar Anshori, selain penyelenggara yang harus bersih, peserta pilkada mulai dari tim kampanye hingga pasangan calon juga harus bersih dan berintegritas. Dengan komitmen ini publik dapat mengetahui semua tahapan dan kebijakan yang dibangun oleh KPU Sumbawa. “Publik harus percaya semua keputusan yang diambil oleh penyelenggara adalah keputusan yang bersih, transparan dan akuntabel,” tandasnya.

Baca Juga  Open House Wagub NTB Dihadiri Tokoh Nasional  

Sementara Wakil Bupati Sumbawa, Drs H Arasy Muhkan menilai langkah KPU menggandeng aparat penegak hukum dan inspektorat untuk melakukan pengawasan sudah sangat tepat. Karenanya dengan pengawasan ini Ia meyakini KPU akan mampu melaksanakan Pilkada sesuai asas-asas penyelenggaraan Pilkada yang bersih dari korupsi, serta efisien dan efektif sebagaimana tema yang diangkat dalam launching Pilkada yaitu “mewujudkan Pilkada Sumbawa yang bersih, berintegritas dan bebas korupsi”. (*)

 

iklan bapenda