Usut SPPD, Polisi Sambangi DPRD Sumbawa

oleh -0 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (05/05/15)

Jangan kaget jika beberapa penyidik Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Reserse dan Kriminal (Reskrim) Polres Sumbawa akan menyambangi DPRD Sumbawa, Rabu (6/5). Kehadiran penegak hukum ini untuk meminta klarifikasi beberapa pejabat sekretariat setempat terkait adanya laporan dugaan penyimpangan penggunaan Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) sejumlah anggota DPRD setempat. Dari informasi diperoleh wartawan media ini, beberapa orang yang dimintai keterangan di antaranya Sekwan dan Bendahara. “Kita akan mengecek administrasi SPPD itu sekaligus meminta data untuk bahan mengusut lebih jauh,” kata Kepala Satuan Reserse dan Kriminal (Kasat Reskrim) Polres Sumbawa, IPTU Tri Prasetiyo, tadi siang.

Selain mendatangi sekretariat DPRD, ungkapnya, tim penyidik juga meminta keterangan saksi pelapor di Ruang Unit Tipikor. Setelah itu penyidik menjadwalkan akan mengambil keterangan orang-orang yang disebutkan dalam laporan dugaan penyimpangan SPPD tersebut.  IPTU Tri memilih bungkam saat diminta untuk menyebutkan siapa anggota DPRD dan dari fraksi mana yang diduga terlibat. “Ini masih puldata dan tahap klarifikasi jadi belum etis untuk mengungkap siapa-siapa yang dilaporkan ini,” ujarnya.

Kasat Reskrim IPTU Tri Prasetiyo
Kasat Reskrim IPTU Tri Prasetiyo

Untuk diketahui SPPD tersebut bersumber dari anggaran Tahun 2014 yang digunakan anggota DPRD periode saat ini. Menurut laporan yang diterima polisi ada sekitar enam orang oknum anggota dewan yang diindikasikan melakukan perjalanan dinas bermasalah. Mereka saat ini adalah anggota DPRD dengan nilai SPPD sekitar Rp 30 juta. Nilai ini hanya untuk satu perjalanan dinas.

Baca Juga  Oknum Polisi Tersangka Ilegal Logging Diduga Kabur

Penggunaan SPPD oleh sejumlah oknum anggota DPRD Sumbawa disinyalir tidak sesuai dengan peruntukannya. Indikasinya, SPPD yang seharusnya digunakan untuk perjalanan di satu daerah tertentu, justru digunakan untuk perjalanan dinas ke daerah lain. (*)

iklan bapenda