BBGRM dan HKG PKK Sumbawa Dipusatkan Labangka

oleh -0 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (04/05/15)

Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-12 dirangkaikan dengan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 43 akan digelar 7 Mei mendatang. Kegiatan ini akan dipusatkan dan dimulai di di Kecamatan Labangka dan akan ditutup 7 Juni di Desa Pukat Kecamatan Utan.

Untuk memantapkan persiapan pelaksanaan ini, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM-PD) melaksanakan rapat koordinasi di Kantor Bupati Sumbawa, Senin (4/5). Hadir dalam Rakor yang langsung dipimpin  Bupati Sumbawa Drs H Jamaluddin Malik, di antaranya Sekda, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, para staf ahli bupati, perwakilan anggota FKPD, camat, dan kepala SKPD. “Rakor ini untuk membahas persiapan pelaksanaan BBGRM dan HKG PKK yang tinggal beberapa hari ini,” kata Kepala BPM-PD Sumbawa, Tarunawan S.Sos dalam laporannya.

Rapat BBGRM 1Sementara Bupati Sumbawa Drs H Jamaluddin Malik mengatakan dua kegiatan itu sangat penting, tidak sekedar formalitas yang dilaksanakan setiap tahun. Ia berharap BBGRM dan Gerak PKK bisa menjadi momentum dalam memotivasi masyarakat sekaligus mendorong peran serta stakeholder pembangunan pemerintah daerah sehingga ke depan semakin mampu memberikan yang terbaik bagi daerah ini. Bupati juga berharap agar kegiatan tersebut dijalankan secara bersungguh-sungguh. Melalui kegiatan ini juga tidak hanya camat, tapi juga instansi terkait secara terpadu memberikan pembinaan dan motivasi kepada masyarakat untuk bersama membangun desa. “Sukses tidaknya pembangunan daerah bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tapi juga masyarakat itu sendiri,” ucap JM—akrab bupati disapa.

Baca Juga  PKK NTB Gelar Roadshow di Kabupaten Sumbawa

Bupati menambahkan dua kegiatan itu ditujukan untuk mendorong akselerasi pembangunan pemerintah maupun pembinaan kemasyarakatan itu menjadi jauh lebih baik. Hasil evaluasi bidang pembangunan IPM dari 2010 sampai 2011 masih berada di urutan 360 dari 417 kabupaten/kota dan 2014 yang dirilis Tahun 2015 sudah meningkat ke rangking 160. “Ini merupakan peningkatan yang luar biasa,” cetusnya.

Selain itu hasil evaluasi pemerintah pusat, Kabupaten Sumbawa dinilai sebagai 16 kabupaten terbaik dalam penyelenggaraan pemerintahan dari 383 kabupaten di Indonesia. Prestasi yang diperoleh tersebut patut dibanggakan. Motivasi dalam diri harus selalu ditingkatkan agar gerakan roda pembangunan dapat berjalan lebih akseleratif. (*)

iklan bapenda