Siswa SDIT Juara I English Contest 2015

oleh -4 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (04/05/15)

Tsania Putri Hanifah—siswa SDIT Samawa Cendikia menjadi yang terbaik dalam English Contest 2015 tingkat Sekolah Dasar (Poetry) se Kabupaten Sumbawa. Dalam kegiatan yang digelar Lembaga Pelatihan Bahasa Asing, Bridge Language Institute (BLI) Sumbawa untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2015, belum lama ini, Tsania menyisihkan puluhan peserta lainnya. Dalam kompetisi itu berada di bawah Tsania adalah Amalia Al Inayah Ayudya (SD Negeri 1 Sumbawa Besar) juara II diikuti Faizah Nadya Camelia (SD Negeri 6 Sumbawa Besar) dan Saputra Budiman (SD Negeri 1 Moyo Hilir) yang meraih juara III dan IV serta Adenin Darma Surya (SD Negeri Brang Biji) dan Arya Afriansyah (SD Negeri Ngeru) di posisi V dan VI.

amdal

English Contes 3 ediiitSelanjutnya di kategori Short Story tingkat sekolah dasar, juara I Wahda Intan T, juara II Syifa Natania, juara III Raisa Dyandara Zafirah dan juara IV Theresa Marry Christianty—semuanya dari SD Negeri 2 Sumbawa, juara V Putri Adelia Zafirah (SD Negeri 6 Sumbawa),  juara VI M Dirga Satiga (SD Negeri 1 Mama). Untuk tingkat SMP  (Poetry),  juara I  dan II  Nindi Juliasmin dan Son Harsono—keduanya siswi SMP Negeri 1 Untir Iwis, juara III Gita Yunita Panasa (SMP Negeri 2 Lopok), juara IV Eliza Okta Hariyatama (SMP Negeri 3 Sumbawa),  juara V Fanny Kinanti (MTs Negeri Sumbawa)  dan juara VI Dilan Maulana (SMP Negeri 1 Moyo Utara). Untuk Short Story, juara I Septi Kayanti (SMP Negeri 2 Lopok), juara II Dinda Siratun Islam (SMP Negeri 1 Sumbawa),  juara III Karlina Khairunnisa (SMP Negeri 1 Lape),  juara IV Dede Imelda Syarif (SMP Negeri Untir Iwis), Najwa Aulia Safitri (SMP Negeri 1 Sumbawa) dan juara IV Inka Mutiara Aulia (SMP Negeri 1 Lape).  Untuk Speech, juara I Jesslyn Diva Amelia (SMP Negeri 1 Sumbawa), juara II Qalbi Nurwandi Yunus (MTs Abu Bakar), Fani Oktaviani (SMP Negeri 1 Badas), juara IV Nurul Isnaini (MTs Negeri Sumbawa), juara V Lely Yulistiani (SMP Negeri 2 Sumbawa), juara VI Regina Nauli M (SMPK Diponegoro). Sementara kategori English Wall Magazine (Mading) menjadi terbaik adalah Tim Crystal (SMP Negeri Sumbawa), juara II Tim Kres (SMP Negeri 3 Sumbawa), juara III Tim Tambora Greet The World (SMP Negeri 1 Badas), juara IV Tim Friendship (SMP Negeri 1 Lape), juara V Tim Brainy (SMP Negeri 1 Sumbawa) dan juara VI Tim Go Green ( SMP Negeri 2 Sumbawa).

Kemudian tingkat Sekolah Menengah Atas (Poetry) juara I Elli Apriliani (MAN 1 Sumbawa),  juara II Reni Handayani (SMA Negeri 1 Empang),  juara III Yuyun Ramdani (MAN 2 Sumbawa), juara IV Nitis Dwi Lestari (SMA Negeri 1 Lape), Susi Aprilianti (SMA Negeri 1 Moyo Utara) dan juara VI I Gusti Agung Ayu Feramia S (SMK Negeri 1 Sumbawa). Kategori Short Story, juara I Johria Rizki Eka T (SMA Negeri 1 Empang), juara II Satiawati (MAN 1 Sumbawa), juara III Ervina Rahadia (SMA Negeri 2 Sumbawa), juara IV Rizky Amanda Saputra (SMK Negeri 3 Sumbawa), juara V Syahrul Ramdani ( MA Abu Bakar), juara IV Veby Kurnia Oktasyah (SMA Negeri 1 Lape). Speech, juara I Desita Qudratul Aulia (SMA Negeri 1 Sumbawa), juara II Elva Juni Kurnianingsih (SMA Negeri 1 Empang), juara III Faid (MA Abu Bakar), juara IV Annisa Damayantari (SMA Negeri 1 Lape), juara V Bagus Wijanarko (SMA Negeri 2 Sumbawa) dan juara VI Dian Fitriani (SMA Negeri 1 Moyo Utara). Adapun English Wall Magazine (Mading), juara I Tim Music (SMK Negeri 1 Sumbawa Besar), juara II Tim In The Sea (MAN 2 Sumbawa) dan juara III Tim Adolesence (SMK Negeri 1 Sumbawa).

Baca Juga  Badrul Munir: SAAT JAYA Pemimpin Pekerja

siswa SDIT ediiitSebelumnya Kadis Diknas Kabupaten Sumbawa diwakili Kabid Dikmen M Ali HK, S. Pd., menilai kegiatan itu sangat bermanfaat untuk meningkatkan minat dan kemampuan bahasa Inggris siswa. Pasalnya Bahasa Inggris saat ini sudah menjadi kebutuhan dalam rangka meningkatkan daya saing Indonesia tidak hanya pada konteks regional namun juga global. “Kami memberikan apresiasi kepada panitia pelaksana dan mendukung kegiatan ini menjadi agenda tahunan dari Bridge Language Institute (BLI) Sumbawa,” katanya.

Sementara Direktur BLI Sumbawa, Sahyuddin, MA TESOL memberikan apresiasi yang tinggi atas dukungan semua pihak khususnya Kadis Diknas kepala sekolah, orang tua, guru pendamping terutama peserta. Meski digelar perdana namun kegiatan ini sukses dan berlangsung semarak dengan antusiasme para peserta yang sangat tinggi. Kompetisi ini diikuti 220 peserta individu dari tingkat SD hingga SMA dengan kategori Poetry, Short Story, Speech dan 21 tim English Wall Magazine (majalah dinding) dari sekolah di Kabupaten Sumbawa. Untuk para juara dari I–III mendapatkan trophy, uang pembinaan dan sertifikat, sedangkan juara IV–VI mendapat uang pembianaan dan sertifikat. Dan seluruh peserta maupun guru pendamping mendapatkan sertifikat dari panitia English Contest 2015. “Kami mengucapkan selamat kepada para pemenang, sesungguhnya semua peserta adalah pemenang karena telah memberikan yang terbaik hanya saat ini belum beruntung,” ucap alumni University of Canberra, Australia ini. Bagi yang belum beruntung Ia berharap untuk berusaha tampil lebih baik tahun depan karena English Contest direncanakan akan menjadi agenda tahunan dari BLI.

Baca Juga  Mahasiswa UTS Juara II Duta Bahasa NTB 2015

Untuk diketahui, BLI di samping melaksanakan kelas reguler di kantor pusat BLI untuk pelatihan Bahasa Inggris seperti English for Kids, English for Conversation, English for Office Staff dan TOEFL & TOEIC Training, juga meluncurkan beberapa program seperti English Goes To School and Campus, bekerjasama dengan berbagai kampus dan sekolah di Kabupaten Sumbawa. Seperti yang dilaksanakan saat ini adalah English Training Program, bekerjasama dengan AKPER Samawa. Pelatihan tersebut ditujukan untuk penguatan kemampuan komunikasi Bahasa Inggris dan kemampuan Test of English as International Communication (TOEIC) bagi mahasiswa semester 2 dan 4 AKPER Samawa, yang berlangsung dari April–September 2015.

Target yang ingin dicapai dari program tersebut adalah dengan meningkatnya kemampuan bahasa Inggris, lulusan AKPER Samawa akan mendapatkan peluang kerja tidak hanya di dalam negeri tapi bisa mengakses peluang-peluang kerja sebagai tenaga keperawatan profesional di luar negeri. Di samping itu BLI telah membangun komunikasi untuk bekerjasama dengan Fakultas Psikologi Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) melaksanakan program yang sama bagi mahasiswa. Di samping program-program tersebut, sebagai upaya lanjutan dalam mempromosikan pentingnya kemampuan bahasa Inggris di Tana Samawa khususnya dan Pulau Sumbawa pada umumnya, Bridge Language Institute juga berencana melaksanakan English Summer Camp 2015 bagi siswa SD hingga SMA dalam mengisi libur semester mendatang. Program ini direncanakan akan dilaksanakan secara indoor dan outdoor, dimana peserta akan mendapatkan pengalaman belajar dan menggunakan Bahasa Inggris  dengan pembicara asli.

Di samping itu, sebagai alumni beasiswa Australian Development Scholarship (ADS), Deden, demikian sapaannya, dengan lembaga yang dipimpinnya rencananya akan bekerja sama dengan beberapa lembaga akan melaksanakan TOEFL workshop dan TOEFL Prediction Test bagi kalangan umum baik itu guru bahasa Inggris, PNS, dosen, mahasiswa dan pelajar. Hal tersebut bertujuan untuk memperkenalkan dan memberikan informasi yang tepat tentang test TOEFL serta strategi dalam mengerjakannya. Disadari atau tidak, selama ini peluang-peluang beasiswa baik di dalam negeri maupun ke luar negeri lepas begitu saja disebabkan karena terkendala minimnya kemampuan TOEFL dari calon pelamar. (*)

iklan bapenda