Jadi Duta KAT, Ratna Listy Kunjungi Sumbawa

oleh -4 views
bankntb

Sumbawa Besar, SR (30/04/15)

Artis cantik, Ratna Listy yang dinobatkan menjadi Duta KAT (Komunitas Adat Terpencil) bersama perwakilan dari Kementerian Sosial RI melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sumbawa, Rabu (29/04). Saat tiba di Sumbawa rombongan Duta KAT yang didampingi Kepala Dinas Sosial Ir A Rahim beserta jajarannya bertemu Wakil Bupati Sumbawa, Drs H Arasy Muhkan untuk menyampaikan kegiatan yang akan dilakukan selama berada di Kabupaten Sumbawa.

Duta KAT Ratna Listy dapat Souvenir Batu Akik dari Wabup Drs H Arasy Muhkan
Duta KAT Ratna Listy dapat Souvenir Batu Akik dari Wabup Drs H Arasy Muhkan

Pada kesempatan tersebut Duta KAT juga akan menyampaikan bantuan dari Kementerian Sosial kepada masyarakat komunitas adat terpencil yang berada di Dusun Arung Santek Pulau Moyo.

Dalam kesempatan itu rombongan KAT menjelaskan, untuk melaksanakan ketentuan pasal 23 ayat (3) Peraturan Pemerintah No. 39 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 23 Desember 2014 lalu, telah menandatangani Peraturan Presiden No. 186 Tahun 2014 tentang Pemberdayaan Sosial Terhadap Komunitas Adat Terpencil. Pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil (KAT) dalam Perpres ini bertujuan untuk mewujudkan perlindungan hak sebagai warga negara, pemenuhan kebutuhan dasar, integritas KAT dengan sistem sosial yang lebih luas, dan kemandirian sebagai warga negara.

Komunitas Adat Terpencil (KAT) yang selama ini lebih dikenal dengan sebutan masyarakat terasing adalah kelompok sosial budaya yang bersifat lokal. Adapun kriteria KAT meliputi keterbatasan akses pelayanan sosial dasar, tertutup, homogen, dan penghidupannya tergantung kepada sumber daya alam. Selanjutnya marjinal di pedesaan dan perkotaan, dan tinggal di wilayah perbatasan antar negara, daerah pesisir, pulau-pulau terluar, dan terpencil. Adapun Pemberdayaan Sosial terhadap KAT dilaksanakan dalam bidang permukiman, administrasi kependudukan, kehidupan beragama, kesehatan,  pendidikan, ketahanan pangan, penyediaan akses kesempatan kerja, penyediaan akses lahan, advokasi sosial, pelayanan sosial dan lingkungan hidup.

Baca Juga  Kapal Pesiar “Caledonian Sky” Boyong 79 Turis ke Sumbawa
Duta KAT Dialog Interaktif di Radio Osivira FM, Jalan Kartini Sumbawa
Duta KAT Dialog Interaktif di Radio Osivira FM, Jalan Kartini Sumbawa

Setelah bertemu Wabup, malam harinya rombongan melakukan talk show di Radio Oisvira FM. Mereka berinteraksi dengan pendengar setia Oisvira mengenai program KAT yang sudah dan akan dilaksanakan di Kabupaten Sumbawa. (Jen)

iklan bapenda